Agar Tidak Macet Pemudik Disarankan Bayar Tol Pakai Kartu Elektronik

Agar Tidak Macet Pemudik Disarankan Bayar Tol Pakai Kartu Elektronik

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mendorong masyarakat pemudik untuk menggunakan kartu elektronik tol atau e-toll card sebagai alat transaksi di jalan tol. Desi berujar, kesiapan pihaknya untuk pelayanan e-toll card sudah 100 persen. Tapi sampai sejauh ini, penggunaannya oleh masyarakat baru 28 persen.

“Semua gardu Jasa Marga sudah bisa menerima kartu 100 persen. Cuma masyarakat baru menggunakannya 28 persen. Makanya kita kasih diskon supaya masyarakat tergerak pakai kartu. Desi juga mengatakan, dengan e-toll card waktu transaksi di jalan tol bisa dipangkas menjadi lebih cepat. Otomatis hal tersebut bisa mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di gardu pembayaran tol.

“Pakai e-toll card kurang dari separuh waktunya sehingga akan memperlancar lalu lintas. Kami akan diskon 20 persen. Yang pakai manual ya enggak pakai diskon,” kata dia. Desi pun berharap, dengan fakta tersebut, masyarakat pemudik bisa beralih dari transaksi tunai, menjadi transaksi non-tunai untuk pembayaran di gardu jalan tol.

“Semua gardu Jasa Marga, baik yang otomatis dan manual sudah pakai uang elektronik. Jadi kalau masuk garda manual bayar pakai e-toll card juga di terima. Diharapkan masyarakat partisipasinya ke depan menggunakan e-tol card,” kata dia. “Sekarang bukan hanya Jasa Marga bahkan Bank Indonesia dan PUPR juga berupaya. Semua akan mendorong gerakan non tunai ini. Jadi berharap bisa segera lah kan kita targetnya Oktober bisa berlaku 100 persen kami siap,” tambahnya.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Desi pun menepis anggapan susahnya untuk isi ulang atau top up e-toll card, hingga mudahnya e-toll card hilang. “Itu mungkin disiplin masyarakatnya juga kali ya,” kata dia. Diketahui, bagi pemudik yang berniat untuk mudik ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menggunakan jalur darat, sebaiknya siapkan kartu elektronik tol atau e-toll card. Pasalnya, pemudik bisa mendapat potongan tarif 20 persen.

Potongan ini berlaku untuk tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Arus mudik yang dikenai diskon adalah pada 22-26 Juni 2017 atau H-3 sampai dengan H+3 Lebaran. Sementara arus balik berlaku pada H+4 sampai dengan H+6, yaitu 30 Juni-2 Juli 2017. Kartu elektronik yang dapat digunakan antara lain e-money dari Bank Mandiri, Brizzi Bank BRI, TapCash BNI, Blink BTN, dan Flazz BCA.

Sumber : Kompas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.