Angkutan Mudik Gratis Buat Motor, pendaftar membeludak

Angkutan Mudik Gratis Buat Motor, pendaftar membeludak

Memasuki hari kesembilan, di beberapa stasiun tempat pendaftaran seperti Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Gudang, petugas sempat kewalahan menghadapi membeludaknya masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta angkutan motor gratis. Masyarakat mulai berbondong-bondong mendaftar sebagai peserta angkutan motor gratis yang digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Prasetyo mengaku sejak dibukanya pendaftaran online pada 15 Februari dan pendaftaran offline pada 16 Februari hingga 23 Februari, tercatat 2.158 pendaftar dengan motor terverifikasi untuk ikut serta pada Penyelenggaraan Motor Gratis tahun 2017 ini. “Pemerintah memberikan apresiasi kepada masyarakat yang antusias untuk ikut mendaftar Motis,” ucap Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono, dalam keterangannya.

“Dari 2.158 pendaftar tersebut, 1.158 merupakan pendaftar untuk arus mudik dan 1.000 pendaftar untuk arus balik pada Motis tahun 2017,” ucap dia.
Pada tahun 2017 ini, alokasi peserta motis naik 14 persen dibandingkan 2016. Tahun lalu, alokasi peserta motis sebanyak 15.834 pendaftar dengan motor, sedangkan tahun ini naik menjadi 18.096 pendaftar dengan motor. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis pada Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2017.

Selain peningkatan pada alokasi motor yang akan diangkut, ada beberapa perubahan yang dilaksanakan Kemenhub pada Pelaksanaan Penyelenggaraan Motis tahun 2017 untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat serta meningkatkan pelayanan Angkutan Motis ini. Ada beberapa perubahan dalam pelaksanaan Motis 2017 ini, antara lain:

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  
  1. Jumlah stasiun pemberhentian bertambah 35 stasiun yang pada tahun 2016 hanya sebanyak 21 stasiun.
  2. Lintas pelayanan, Lintas Utara, tahun 2017 lintas layanannya sama dengan 2016 yaitu: lintas Jakarta Gudang – Surabaya Pasarturi
  3. Untuk pemantuan pelaksanaan kegiatan Motis tahun 2017 ini menggunakan barcode yang terintegrasi dengan website mudikgratis.dephub.go.id, sedangkan pada tahun 2016 dilaksanakan secara manual.
  4. Jumlah Kereta Bagasi/barang, pada 2016 terdapat 5 rangkaian KA, masing-masing KA terdiri atas 7 Rangkaian Bagasi + 1 Pembangkit, sedangkan tahun 2017 ini ada 6 rangkaian KA, masing-masing KA terdiri atas 8 Rangkaian Bagasi + 1 Pembangkit.

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi pada penyelenggaran Motis tahun 2017 ini dapat mendaftar serta melengkapi berbagai persyaratan dan ketentuan pada situs mudikgratis.dephub.go.id ataupun pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk,” Prasetyo menambahkan

Sumber : Liputan6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.