Aplikasi TikTok Music Bisa Jadi Pesaing Spotify dan Apple

Aplikasi TikTok Music Bisa Jadi Pesaing Spotify dan Apple

ByteDance dilaporkan mendaftarkan paten untuk TikTok Music kepada US Patent and Trademark Office pada bulan Mei lalu. Menurut dokumen tersebut, layanan ini akan memungkinkan pengguna membeli, memainkan, membagikan dan mengunduh musik.

TikTok Music juga akan memungkinkan pengguna untuk menciptakan, berbagi, dan merekomendasikan daftar putar atau playlist, berkomentar di musik, serta menyiarkan secara langsung audio dan video.

Mengutip The Verge, induk perusahaan TikTok, ByteDance, juga telah mendaftarkan merek dagang TikTok Music di Australia pada bulan November 2021 lalu. Sebagai informasi, ByteDance telah memiliki pengalaman di ranah streaming musik.

Pada tahun 2020 lalu, ByteDance meluncurkan aplikasi musik bertajuk Resso di India, Brazil dan Indonesia. Resso memiliki sejumlah fitur serupa yang dijelaskan pada dokumen pendaftaran TikTok Music, seperti kemampuan menciptakan playlist, berbagi lagu di media sosial, dan berinteraksi dengan komunitas di aplikasi.

ByteDance bahkan menggunakan TikTok untuk memboyong pengguna platform jejaring sosial miliknya tersebut ke Resso. Menurut laporan dari The Information, aplikasi TikTok di Brazil hadir dengan tombol yang mengarahkan pengguna ke Resso, sehingga mereka dapat mendengarkan lagu yang diminati dalam versi lengkap.

Langkah ini dinilai membantu menjaga pengguna tetap berada dalam ekosistem ByteDance. The Information juga melaporkan bahwa Resso memiliki lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan di India, Brazil dan Indonesia per bulan November 2021 lalu, dan angka ini diyakini akan bertumbuh.

Pada awal tahun 2022 ini, laporan dari Insider mengungkap bahwa pengguna aktif bulanan Resso bertumbuh sebesar 304 persen antara bulan Januari 2021 hingga Januari 2022 di India. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan Spotify di negara tersebut pada periode yang sama, yaitu sebesar 38 persen.

Hingga saat ini, belum tersedia informasi soal rencana ByteDance dalam mengembangkan aplikasi streaming musik berbasis pada kerangka kerja Resso, atau akan mengembangkan aplikasi yang baru.

Serupa dampak yang dihadirkan TikTok dalam cara operasional situs media sosial, aplikasi streaming musik yang terkait dengan TikTok ini diprediksi dapat mengubah industri streaming musik, memaksa layanan untuk beradaptasi.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.