Asteriod “Tengkorak” Melintasi Bumi Pada Halloween

Asteriod “Tengkorak” Melintasi Bumi Pada Halloween

Setelah pernah melintas pada Oktober 2015, kini Asteroid Halloween akan kembali lagi melintas ke bumi diperkirakan asteroid ini akan melintas pada bulan november mendatang. Julukan Halloween ini berasal dari salah satu film Peanuts yang menampilkan sebuah labu besar yang seram yang sangat mirip dengan bentuk Asteroid ini.

“Pertemuan berikutnya yang sedikit lebih menarik akan terjadi sekitar hari Halloween di tahun 2088, ketika obyek ini mendekati Bumi dengan jarak sekitar 20 jarak bulan,” ujar Thomas Müller, seorang peneliti dari Max-Planck Institute, sebagaimana dikutip Express.

Tiga tahun yang lalu asteroid ini melintasi Bumi pada jarak sekitar 302.000 mil (486.000 km) atau 1,3 kali jarak dari Bulan ke Bumi.

Asteroid ini menarik minatpara astronom karena bentuk dan ukurannya yang aneh. Berukuran sekitar 2.297 kaki (700 m), asteroid ini adalah batu angkasa terdekat yang melewati Bumi hingga 2027.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Yang membuat asteroid ini begitu menarik adalah adalah kemiripan yang khas dengan tengkorak manusia ketika diamati dari sudut tertentu.

Astroid TB145 digolongkan sebagai Asteroid Dekat Bumi (NEA) tipe Apollo, yang orbitnya mendekat ke Bumi. Asteroid itu terlihat lagi pada Oktober tahun lalu, hanya sekitar satu tahun sebelum batu angkasa itu kembali. [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.