BI Berikan Sinyal Terbaru Soal ‘Kiamat’ Uang Kertas

BI Berikan Sinyal Terbaru Soal ‘Kiamat’ Uang Kertas

Perkembangan teknologi keuangan membuat masyarakat kini memilih untuk melakukan transaksi melalui pembayaran digital, dibandingkan dengan menggunakan uang cash atau uang kartal.

Maka tak heran, saat ini jika keluar rumah tanpa dompet adalah ‘kiamat’. Tidak bisa apa-apa, tidak bisa makan, minum, jajan, dan sebagainya, kini hal itu tidak berlaku lagi.

Saat ini, ke luar rumah tanpa dompet tidak masalah, yang penting jangan ketinggalan telepon seluler (ponsel). Karena semua rata-rata orang di Indonesia saat ini lebih memilih menaruh uangnya di dalam ponsel.

Uang di dalam ponsel itu disebut dompet elektronik alias e-wallet. Selain di ponsel, uang juga kini bisa berbentuk kartu yang kini wajib digunakan untuk bertransaksi di jalan tol. Uang dalam bentuk aplikasi dan kartu itu disebut uang elektronik.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Lantas, bagaimana masa depan uang kartal ke depannya? Besar kemungkinan uang kartal mungkin akan ditinggalkan masyarakat.

Terlebih, BI juga berencana untuk menerbitkan rupiah digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC) dalam waktu dekat.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Bank Indonesia (BI) belum merespon pertanyaan CNBC Indonesia mengenai masa depan uang kartal.

Kendati demikian, kiamat uang kartal di depan mata mulai terlihat dari beberapa fakta yang juga dilaporkan oleh Bank Indonesia.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.