Bukan Merah Melainkan Biru Cahaya Senja Di Planet Mars

Bukan Merah Melainkan Biru Cahaya Senja Di Planet Mars

Bandung -Apa yang paling pertama kali terlintas ketika ditanya tentang planet Mars? Merah, seperti julukan planet ini sebagain planet merah. Namun ada hal yang sangat unik dari mars ini. ketika matahari terbenam langit di mars akan mempersembahkan semburat berwarna biru. Hal ini baru saja diungkap oleh Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Menurut NASA warna biru ini disinyalir akibat debu yang bertebaran di langit Mars. “Semburat kebiruan berasal dari debu halus di Mars, sehingga cahaya biru bisa menembus atmosfer lebih efisien,” demikian keterangan resmi NASA.

Ketika cahaya biru menyebar, maka ia tetap lebih dekat ke arah Matahari daripada cahaya warna lain. Sisa langit berwarna kuning ke kuning gelap atau oranye, karena cahaya kuning dan merah menyebar ke seluruh langit, dan bukannya diserap atau tinggal dekat dengan Matahari.

Selain itu, senja di Mars rentang waktunya lebih panjang dibandingkan dengan Bumi. Hal ini disebabkan oleh sinar Matahari yang tersebar di sekitar ke sisi gelap Mars oleh banyaknya debu di dataran tinggi akibat letusan gunung api sehingga menyebarkan debu ke atmosfer.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.