Canggih, Aplikasi Tokopedia Terapkan Kecerdasan Buatan

Canggih, Aplikasi Tokopedia Terapkan Kecerdasan Buatan

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengaku telah menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada aplikasi Tokopedia. Fitur di aplikasi Tokopedia yang menggunakan teknologi AI itu, kata William, yakni layanan pelanggan (customer care) dan pencarian gambar (image Search).

Customer Care ya jadi misalnya Tokopedia dengan 97 juta pengunjung ada pertanyaan kan tidak mungkin terus-terusan Tokopedia meng-hire orang. Jadi untuk pertanyaan yang sangat sederhana, kami sudah mulai menggunakan AI sebagai layer pertama,” kata William usai acara Final Thinkubator di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (29/3) malam.

Head of Research Scientist Tokopedia Irvan Bastian Arief menjelaskan pihaknya juga mengembangkan fitur Image Search yang memudahkan para pengguna untuk mencari produk yang mereka inginkan pada aplikasi Tokopedia, cukup dengan mengambil gambar produk melalui image search. 

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

“Misalnya saya mau cari baju, biasanya orang-orang mencari barang di ketik dulu. Sekarang baju nya di foto dan beberapa detik kemudian muncul produk baju yang akurat yang ada di aplikasi dan sudah ketahuan harga nya,” ujar Irvan.

Saat ini, Tokopedia bersama dengan Universitas Indonesia juga telah membangun pusat pengembangan AI pertama di Indonesia. Wiliam menyebut penelitian dari pusat pengembangan itu akan menghasilkan solusi berbasis AI untuk menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah pada industri e-commerce seperti manajemen risiko, logistik, keamanan siber, serta pembayaran.

Tokopedia-UI AI Center of Excellence didukung teknologi super-komputer deep learning NVIDIA DGX-1, yang dilengkapi dengan GPU NVIDIA Tesla V100. 

GPU NVIDIA Tesla V100 dirancang dengan struktur Tensor Core untuk mempercepat kinerja AI. ‘Komputer super dalam kotak’ ini menggunakan NVIDIA GPU Cloud Deep Learning Stack yang mampu melakukan pelatihan data empat kali lipat lebih cepat dibanding sistem berbasis GPU lainnya. [dEe]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.