Daftar Jurusan Kuliah dan Penjelasannya

Daftar Jurusan Kuliah dan Penjelasannya

Kurangnya informasi mengenai jurusan kuliah terkadang membuat mereka kebingungan dan salah memilih jurusan. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, terdapat 10 macam daftar jurusan kuliah berbeda lengkap dengan penjelasannya yang dapat Anda jadikan referensi.
1. Jurusan Akuntansi
Mempelajari tata buku, rincian keuangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pencatatan keuangan. Nantinya para lulusan sarjana akuntasi menjadi seorang akuntan, Internal Auditor, Akuntan publik atau pemerintah, Akuntan Pajak, dan Akuntan Pendidik.

2. Jurusan Arsitektur
Mempelajari tata ruang beserta perencanaan, konstruksi, dan pemanfaatan suatu ruang untuk meningkatkan fungsi dari ruangan tersebut. Lulusannya menjadi seorang Arsitek, Konsultan perencanaan dan merancang bangunan, Konsultan arsitek mandiri, Arsitek untuk perusahaan developer atau kontraktor.

3. Jurusan Farmasi
Mempelajari ilmu mengenai pembuatan obat-obatan yang meliputi sains mendasar seperti kimia, biologi dan fisika. Sarjana farmasi dapat bekerja pada perusahaan obat-obatan, kosmetik atau produk kimia, Apoteker, Peneliti, Tenaga Pendidik.

4. Jurusan Pendidikan
Mengatur dan merencanakan proses pendidikan termasuk kurikulum dan teknologi pendukung serta mempelajari proses keguruan. Banyak dibutuhkan tenaga Pendidik atau Guru, Pembimbing untuk lembaga pendidikan khusus, Aktivis pengembangan karakter, Pegawai pada lembaga sosial.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

5. Jurusan Geofisika
Merancang kegiatan eksplorasi dengan efektif, pemetaan titik-titik dan zona bencana bumi seperti gempa dan mengumpulkan data yang berguna untuk kepentingan produksi. Sarjana Geofisika dapat menjadi Konsultan pengembangan dan perencanaan wilayah, Pegawai lembaga pemetaan dan eksplorasi SDA (Sumber Daya Alam).

6. Jurusan Hukum
Mempelajari Peraturan perundang-undangan, Sejarah dan politik suatu negara, Hukum dan ilmu yang mendukungnya. Lulusan Hukum dapat menjadi Pegawai militer, Pengacara, Jaksa, Notaris (pemerintah dan publik), polisi atau PNS (Pegawai Negeri Sipil)

7. Jurusan Kedokteran
Jurusan kedokteran mempelajari Ilmu kedokteran mendasar seperti pengobatan dan spesialisasi untuk penyakit pada bagian tubuh tertentu. Tenaga kerja ahli di bidang kesehatan sangat diperlukan masyarakat luas. Lulusannya dapat menjadi Dokter umum, Dokter spesialis, dokter gigi, Perawat, Dokter pendidik atau dokter untuk instansi khusus (sekolah, perusahaan atau pemerintah)

8. Jurusan Bahasa
Jurusan bahasa mempelajari Sejarah linguistik dan etimologi suatu bahasa, struktur dan tata cara penggunaan, ilmu komunikasi yang baik. Sarjana Bahasa dapat menjadi Penerjemah (untuk perusahaan multinasional atau pemerintah), Jurnalis, Pegawai bidang perhotelan (resepsionis, sales dan marketing, atau guest relation officer), Pegawai bidang penerbangan (pramugari atau relation officer).

9. Jurusan Sains
– Jurusan Biologi
Mempelajari makhluk hidup serta tingkah laku, fungsi dan perkembangan dan pengaruhnya terhadap lingkungan (anatomi, fisiologi genetika, dan hal lainnya). Lulusan jurusan biologi bisa menjadi Pegawai pemerintah (Departemen Kesehatan), Pegawai Farmasi, Pegawai pada industri makanan.
– Jurusan Fisika
Mempelajari Ilmu pengetahuan alam seperti mekanika, termodinamika, fisika modern dan kuantum. Lapangan pekerjaan untuk sarjana fisika diantaranya : Staf peneliti, Pegawai pemerintah (LIPI, BATAN, BPPT), Spesialisasi untuk teknik elektro, teknik fisika (cocok untuk industri otomotif, konsultan teknik, dan hal lainnya
– Jurusan Kimia
Mempelajari sifat-sifat zat dan manfaat nya (kimia fisik, kimia organik, teknik kimia dan biokimia). Lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan kimia yaitu, Pegawai untuk industri tekstil, makanan, pertambangan, perminyakan, kimia dan perkebunan

10. Jurusan Teknik
– Teknik Informatika
Mempelajari segala masalah mengenai transformasi dan pengolahan fakta berupa data melalui komputer. Lapangan kerja bagi lulusan sarjana teknik informatika sangat luas karena perkembangan teknologi yang semakin canggih dan cepat. Lulusannya dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar, Pegawai untuk industri hardware atau software, birojasa komputer, Pegawai untuk lembaga pemerintah, Wiraswasta.
– Teknik Lingkungan
Mempelajari ilmu pengetahuan mengenai lingkungan hidup agar manusia terjamin kualitas hidupnya. Lapangan pekerjaan bagi sarjana teknik lingkungan yaitu, Staf peneliti, pegawai pada lembaga pemerintah (PAM) maupun swasta (konsultan industri, instansi pengelolaan lingkungan hidup)
– Teknik Sipil
Mempelajari perencanaan, pengelolaan, konstruksi hingga perancangan suatu bangunan dari segi teknik dan mekanika lainnya. Lulusannya dapat menjadi Konsultan untuk lembaga pemerintah atau non-pemerintah seperti perusahaan developer atau kontraktor.

Demikian artikel mengenai daftar jurusan kuliah dan penjelasannya, semoga dapat membantu bagi kamu yang sedang bingung menentukan jurusan kuliah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.