Facebook Bikin Peta Bencana

Facebook Bikin Peta Bencana

Facebook berkontribusi lebih jauh untuk membantu masyarakat di tengah bencana alam atau kekisruhan. Sejak 2015 lalu, platform jejaring sosial itu merilis fitur Safety Check agar seseorang yang berada di area bencana bisa saling berkabar dengan kerabatnya.

Kini, Facebook meluncurkan fitur peta bencana alias Disaster Maps untuk membantu organisasi sosial atau komunitas semacam Palang Merah dan UNICEF dalam menyalurkan bantuan.

Fitur ini berangkat dari fakta bahwa organisasi sosial kerap kesulitan mengidentifikasi di mana saja korban bencana berada dan berpindah secara real-time. Menggunakan data lokasi Facebook, hal ini bisa diidentifikasi.

“Bala bantuan seperti makanan, air, dan persediaan obat, bisa lebih cepat dan tepat dialokasikan untuk mereka yang membutuhkan,” begitu tertera pada blog Facebook. “Ini adalah contoh bagaimana teknologi bisa membantu masyarakat,” tertulis lebih lanjut pada blog Facebook.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Tiga informasi dari Disaster Maps

Ada tiga informasi yang akan disodorkan Disaster Maps untuk para organisasi sosial. Tiga fitur pada Disaster Maps ini berdasarkan masukan dari Palang Merah dan UNICEF.

Pertama, peta kepadatan lokasi. Organisasi sosial bisa mengetahui di lokasi para korban sebelum, selama, dan setelah bencana. Facebook bakal menggabungkan informasi ini dengan rekam jejak, misalnya estimasi populasi berdasarkan foto satelit peta digital.

Perbandingan data tersebut bisa membantu para organisasi sosial memahami sebesar apa dampak dari sebuah bencana.

Kedua, peta perpindahan. Organisasi sosial bisa melihat pola perpindahan masyarakat di area bencana dalam periode waktu tertentu. Dengan mengandalkan informasi ini, organisasi sosial bisa memberikan evakuasi dengan lebih cepat dan tepat.

Ketiga, peta Safety Check. Menggunakan data dari Safety Check, Facebook bakal mengelompokkan di titik bencana mana korban paling banyak melapor dan di titik mana paling sedikit pada satu waktu bersamaan.

Dengan begitu, organisasi sosial bisa memutuskan prioritas bantuan, yakni di titik di mana korban paling banyak dan paling tak berdaya.

Beberapa organisasi yang sudah bekerja sama dengan Facebook untuk akses Disaster Maps ini adalah Palang Merah Internasional, UNICEF, dan World Food Programme.

Sumber

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.