Google membuat ukuran file JPEG upto 35% lebih kecil

Google membuat ukuran file JPEG upto 35% lebih kecil

Untuk mengatasi masalah kecepatan internet, Google telah mengembangkan open source algoritma kompresi gambar baru yang disebut Guetzli yang mengurangi ukuran JPEG sekitar 35%. Hal ini juga memastikan bahwa kualitas gambar tidak akan terpengaruh dan gambar yang kompatibel dengan browser web yang ada dan aplikasi editing gambar.

Namun, Guetzli membutuhkan waktu lebih lama untuk kompres gambar bila dibandingkan dengan solusi lainnya. Tapi untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih tinggi dengan ukuran yang lebih kecil yang pada gilirannya mengakibatkan loading lebih cepat dari situs, perlu menunggu lebih lama. Alasan di balik kelambanan ini, Guetzli menggunakan model psiko-visual yang disebut “Butteraugliuce” untuk mengurangi ukuran file, yang mendekati persepsi warna dan masking visual.

Menurut penelitian Google, ukuran file gambar terkompresi tetap konstan bahwa penilai manusia lebih suka gambar mereka bukan libjpeg menghasilkan gambar, meskipun file libjpeg ukuran yang sama atau bahkan sedikit lebih besar. Google juga memiliki proyek lain untuk mengurangi ukuran gambar web seperti encoder Zopfli yang menciptakan file PNG lebih kecil dan WebP, format gambar baru yang mendukung kedua lossless dan kompresi lossy. Guetzli tersedia secara gratis di Github . Pengembang web, desainer grafis, dan fotografer dapat mencoba ini sendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kerjanya.

Sumber : GizBot

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.