Google Siapkan 6 Fitur Baru untuk Android

Google Siapkan 6 Fitur Baru untuk Android

Google telah mengumumkan update fitur Pixel terbaru pada awal pekan ini. Kini Google kembali mengumumkan sejumlah fitur baru, kali ini untuk Android secara keseluruhan, terdiri dari enam fitur yang tidak hanya terbatas untuk perangkat Pixel.

Mengutip GSM Arena, ini adalah kali pertama bagi Google melakukan hal seperti ini, menyusun banyak fitur terbaru dalam satu unggahan pengumuman. Langkah ini diperkirakan terinspirasi oleh cara pengumuman fitur Pixel.

Salah satu fitur baru yang baru diumumkan Google ini adalah Android Earthquake Alerts System, yang akan dirilis secara global. Masyarakat di area terdampak dapat memperoleh peringatan beberapa detik sebelum gempa bumi terjadi.

Hingga saat ini, fitur ini diklaim telah tersedia di Selandia Baru dan Yunani, dan kini akan tersedia di Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kyrgyz atau Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Google menyebut bahwa pihaknya memprioritaskan peluncuran fitur ini di negara dengan risiko gempa bumi lebih tinggi. Fitur ini akan tersedia di lebih banyak negara dalam beberapa bulan di tahun mendatang.

Fitur baru lainnya memungkinkan pengguna untuk menandai pesan dengan bintang di aplikasi Messages sehingga lebih mudah ditemukan di kemudian hari. Pengguna hanya perlu mengetuk pesan dan menahan ketukan tersebut, kemudian pilih bintang.

Tersedia juga kategori Starred baru sebagai bagian untuk menyimpan pesan tersebut. Google menyebut bahwa fitur tersebut akan mulai digulirkan kepada perangkat Android secara lebih luas selama beberapa pekan mendatang.

Sementara itu, fitur saran Contextual Emoji Kitchen telah tersedia di aplikasi Gboard versi beta, dan akan mencapai versi stabil di aplikasi keyboard ini pada musim panas mendatang, untuk penulisan pesan dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis di perangkat bersistem operasi Android 6 dan terbaru.

Saran ini diklaim akan membantu pengguna dalam menemukan kombinasi emoji terbaik setelah mengetikan pesan, emoji yang sesuai dengan konteks dari tulisan pengguna. Google Assistant kini juga dapat mengantarkan pengguna ke lokasi spesifik di dalam aplikasi dengan perintah suara.

Sementara itu, Voice Access kini berbekal deteksi tatapan dalam versi beta, sehingga pengguna dapat meminta fitur ini untuk bekerja hanya saat mata mereka menatap layar. Voice Access juga memberikan navigasi aplikasi dan ponsel efisiensi dan cepat hanya dengan suara.

Selain itu, fitur Voice Access ini kini juga didukung input password lebih baik, sehingga saat mengenali kolom password, fitur ini akan memungkinkan pengguna memasukan huruf, angka dan simbol.

Update Google ini juga diklaim mampu menyuguhkan pengalaman Android Auto lebih terkostumisasi. Pengguna dapat menyesuaikan layar launcher dari ponsel dan secara manual mengatur mode gelap.

Kehadiran fitur baru untuk Android Auto ini juga mempermudah pengguna menjelajahi konten, dengan tab baru di aplikasi media, opsi Back to Top, dan tombol huruf A hingga Z di bar gulir. Update ini juga diklaim mempercepat pengaturan Android Auto untuk pertama kalinya.

Aplikasi pengisian daya EV, parkir, dan navigasi kini juga tersedia untuk digunakan di Android Auto. Pengalaman pesan juga diklaim telah ditingkatkan sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi pesan pilihan dari layar launcher.

Pengguna dapat membaca dan mengirimkan pesan baru secara langsung dari WhatsApp dan Messages secara global. Fitur Android Auto tersedia di ponsel cerdas pengguna sistem operasi Android 6 dan lebih baru, saat terhubung dengan mobil yang kompatibel.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.