Huawei HarmonyOS Sudah Punya 134 Ribu Aplikasi

Huawei HarmonyOS Sudah Punya 134 Ribu Aplikasi

Huawei mengumumkan bahwa lebih dari empat juta pengembang telah bergabung dalam platform Harmony karyanya, dan telah terdapat 134 ribu aplikasi yang menggunakan HMS Core.

Mengutip GSM Arena, Huawei mengklaim bahwa Huawei Mobile Services (HMS) Core terus berkembang dan pada acara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Huawei mengumumkan versi 6.0 dengan tambahan dukungan untuk layanan cloud Huawei.

Untuk meningkatkan jumlah pengembang yang bergabung dengan platformnya, Huawei meluncurkan Huawei HMS Global Application Innovation Competition 2021, mengundang pengembang untuk menciptakan aplikasi baru inovatif berbasis HMS Core.

Pengembang dari Tiongkok, Eropa, Amerika Latin, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika dapat berpartisipasi untuk memenangkan hadiah sebesar USD1 juta (Rp miliar). Namun, Huawei juga akan menawarkan penghargaan praktis.

Penghargaan tersebut termasuk dukungan marketing, sumber daya cloud, serta insentif untuk menggunakan sistem pembayaran HMS Core dan sebagainya. Puluhan ribu aplikasi telah tersedia dan dapat digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Huawei telah mengklaim bahwa HarmonyOS merupakan ekosistem mobile terbesar ketiga di seluruh dunia. Hal ini berpeluang sebagai fakta, bergantung cara penghitungan ekosistem mobile. Sebagai contoh, KaiOS telah digunakan di 100 juta perangkat beberapa tahun lalu.

Namun, fase ini hanyalah tahap pertama perilisan HarmonyOS 2.0 ke model perangkat lebih lama, yang akan diperpanjang hingga tahun 2022 mendatang. Selain itu, terdapat perangkat yang telah menggunakan HarmonyOS khusus.

Perangkat tersebut termasuk Huawei Watch 3 dan 3 Pro yang telah dipasarkan di Tiongkok, serta MatePad pro 12.6 2021 yang telah dipasarkan Huawei terlebih dahulu. Sebagai informasi, Huawei telah memulai program HarmonyOS Real World Experience di Tiongkok, memungkinkan konsumen mencoba sistem operasi baru ini di salah satu toko Huawei.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.