Ikuti iPhone, Google Buat iMessage ala Android

Ikuti iPhone, Google Buat iMessage ala Android

Google sedang mempersiapkan layanan SMS generasi terbaru yakni Rich Communication Services (RCS) Chat. Nantinya, layanan itu bakal diterapkan secara masif kepada pengguna ponsel Android.

Dilansir Engadget, pertama kali perusahaan akan menawarkan layanan RCS kepada penggunanya yang ada di Inggris dan Prancis bulan Juni ini. 

Sebelum memutuskan untuk merilis RCS di dua negara benua Eropa tersebut, Google sempat mengalami kendala. Pasalnya format layanan teks generasi terbaru itu bergantung pada jaringan yang kompatibilitas tidak merata.

“Kami pada dasarnya percaya bahwa komunikasi terutama pengiriman pesan bersifat sangat pribadi dan pengguna memiliki hak privasi untuk komunikasi mereka dan kami berkomitmen penuh untuk menemukan solusi bagi pengguna kami,” kata Product Management Director Google Sanaz Ahari dikutip The Verge.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Selain itu, Google juga mengatakan bahwa mereka akan merilis layanan RCS ke lebih banyak negara sepanjang tahun ini. Namun, masalah terbesar RCS ialah layanan pesan ini masih belum dienkripsi secara end-to-end. 

Seperti yang diberitakan The Verge, RCS bakal sejumlah fitur seperti fitur tanda terima pesan seperti WhatsApp dan lampiran pesan berkualitas tinggi. Google menyebut nama RCS dipakai karena terkesan ‘ramah’ bagi pengguna mereka.

Ahari menjelaskan RCS akan berada di perangkat ponsel bawaan Android seperti yang dilakukan Apple terhadap iMessage.

Google pun menambahkan jika pengguna ingin mengalihkan kartu SIM ke perangkat ponsel yang tidak mendukung layanan RCS, maka pengguna tidak bisa menerima pesan apapun. [dEe]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.