Jokowi Minta Rektor, Guru Besar, dan Dosen Menyadari Perubahan

Jokowi Minta Rektor, Guru Besar, dan Dosen Menyadari Perubahan

Rektor, guru besar, dan dosen di seluruh Indonesia diminta Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Sebab, menurut Presiden yang sering disapa Jokowi, perkembangan teknologi yang begitu pesat dan cepat sudah sangat dirasakan saat ini. “Saya melihat dan mungkin anak-anak muda juga sudah merasakan bahwa perubahan dunia yang sangat cepat masuk ke jantung-jantung kita.

“Internet baru masuk, sudah ganti mobile internet. Ini (mobile internet) baru kita pelajari sudah ganti lagi dengan artifisial intelejen,” kata Jokowi di Kongres IX Pancasila di Gedung Balairung UGM, Jalan Persatuan, Kabupaten Sleman. Jokowi mencontohkan situs amazon dan Alexa yang saat ini sudah mampu menjawab pertanyaan pengguna internet tentang apapun. Menanyakan masjid terdekat misalnya, pengguna internet akan mendapatkan jawaban secara detail lokasi masjid terdekat yang berada di dekatnya.

Tak hanya perkembangan dunia maya, kata Jokowi, teknologi di bidang keuangan pun semakin berkembang. Menurut dia, di beberapa negara sudah mulai meninggalkan pembayaran secara tunai dan bergantimenggunakan kartu kredit. “Kami perkirakan 5-10 tahun landscape ekonomi, politik global, daerah, nasional sudah akan berubah,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, perubahan yang pesat dan cepat itu harus disadari perguruan tinggi di Indonesia agar tak berdampak buruk bagi generasi muda yang akan datang. Sebab, generasi muda yang akan datang itu yang akan terlibat langsung dalam perubahan yang cepat dan pesat itu. “Saya ingin agar seluruh rektor, guru besar, dan dosen menyadari akan adanya perubahan ini. Jangan sampai ini menggerus karakter bangsa kita,” kata Jokowi.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Jokowi mengatakan, lembaga pendidikan mulai dari tingkat SD sampai perguruan tingga harus menyiapkan generas masa depan dengan karakter yang tidak akan terpengaruh perubahan teknologi saat ini. Oleh sebab itu, kata dia, generasi muda harus dibekali nilai-nilai yang terkadung dalam Pancasila untuk memperkuat karakter bangsa.

“Pancasila itu sangat penting sekali. Dan kita bersyukur sudah punya Pancasila dan kita juga harus bersyukur komitmen ber-Pancasila sudah bulat. Kita harus bangga dan berani suara lantang menyuarakan saya Indonesia, saya Pancasila, saya anak muda Indonesia, saya Pancasila, saya mahasiswa, saya Pancasila,” kata Jokowi

Sumber Kompas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.