Kabarnya WhatsApp Bakal Bisa Dipakai Belanja

Kabarnya WhatsApp Bakal Bisa Dipakai Belanja

WhatsApp kabarnya sedang mempersiapkan sebuah fitur pembayaran yang akan disematkan ke dalam aplikasi pesan instannya. Artinya, aplikasi pesan instan ini akan bisa dipakai untuk berkirim uang atau bahkan belanja. WhatsApp sendiri belum mengungkap dengan jelas soal tanggal perilisan fitur pembayaran itu atau ketersediaannya secara global. Namun bisa dipastikan fitur tersebut memang benar ada.

Sebagaimana dilansir dari Telegraph, Senin (21/8/2017), saat ini fitur pembayaran itu disebut sebagai WhatsApp Payment dan sudah dimasukkan ke dalam pemutakhiran software WhatsApp beta vevrsi 2.17.295. Berdasarkan screenshot WhatsApp versi beta yang beredar, terlihat bahwa WhatsApp Payment merupakan layanan transfer antarbank yang dibuat menggunkaan unified payments interface.

Dalam screenshot itu juga diperlihatkan bahwa pengguna harus menyetujui syarat dan ketentuan khusus dari WhatsApp Payment, bank, serta kebijakan privasi, agar bisa memakainya untuk berkirim uang.

Dugaan sementara, WhatsApp sedang menyiapkan fitur pembayaran tersebut untuk dirilis di pasar India. Apalagi beberapa waktu lalu diketahui bahwa anak usaha Facebook itu telah merekrut sejumlah ahli aplikasi keuangan lokal.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

WhatsApp sendiri enggan berkomentar mengenai masa depan aplikasi pembayaran yang sedang dikembangkannya. Mereka hanya menegaskan bahwa India merupakan negara yang dinilai penting dan perusahaan sedang mengupayakan terwujudnya visi India Digital.

Sejak tahun lalu WhatsApp memungkinkan pengguna menyisipkan dokumen ke lawan chatting. Namun, jenis file terbatas pada format PDF. Kini WhatsApp memperbarui kemampuan tersebut tanpa membatasi jenis file. Pengguna bisa berbagi dokumen dengan format apa saja, mulai dari PDF, APK, ZIP, DOC, XLS, TXT, dan lainnya.

Bahkan Anda bisa mengirimkan dokumen visual berformat JPG, dari aplikasi WhatsApp untuk Android. Sebelumnya, pengiriman dokumen berformat JPG memang sudah bisa melalui penyisipan gambar namun akan otomatis terkompres. Jika mengirimnya lewat penyisipan dokumen, kualitas file tak akan berkurang.

Menurut situs WhatsApp, penyisipan dokumen terbatas pada ukuran 100 MB. Meski demikian, laporan lain menyebut pengguna iPhone bisa menyisipkan dokumen hingga 120 MB. Pembaruan selanjutnya dari WhatsApp tampak pada desain antarmuka ketika berbagi foto. Alih-alih menyisipkan foto via dokumen atau gambar, foto bisa dibagi dengan memilih ikon kamera dan menyapu alias swipe ke atas.

Jika pengguna hendak memilih beberapa foto untuk dibagikan, WhatsApp akan otomatis mengelompokkannya menjadi satu bundle foto yang tampak seperti kolase berisi empat foto. Selain itu, desain antarmuka ketika menelepon via WhatsApp juga sedikit dirombak. Pengguna mengangkat telepon dengan cara swipe up, bukan swipe side.

Sumber

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.