Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Sulit Punya Rumah

Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Sulit Punya Rumah

Mungkin Anda sangat ingin memiliki rumah sendiri saat ini, namun di setiap tahunnya ada saja kendala yang membuat kita belum bisa memiliki rumah. Tahun ke tahun silih berganti, ternyata masih belum bisa juga memiliki sebuah rumah, padahal gaji sudah ada kenaikan dan Anda sudah belajar untuk lebih hemat.

Anda mulai berintrospeksi diri, hal apa yang membuat kendala tersebut selalu ada dan membuat diri gagal untuk memiliki rumah.
Kesalahan itu selalu ada, tidak akan ada akibat jika tanpa sebab. Begitupun dengan masalah kepemilikan rumah. Umumnya kesalahan ini terjadi karena Anda tidak kunjung memiliki uang untuk membeli rumah yang diinginkan tersebut.

Anda baru sebatas memiliki niat saja, namun aksinya masih kurang. Keinginan ini belum didukung oleh keadaan keuangan yang maksimal.

Apa saja kebiasaan yang bikin Anda sulit punya rumah? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

1. Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Sampai kapanpun juga, rencana keuangan ini akan menjadi hal utama yang harus dibuat, jika memang Anda memiliki keinginan untuk mendapatkan atau membeli sesuatu.

Membuat rencana keuangan cukup mudah, awali dengan membuat target, salah satunya adalah membeli rumah. Jika ingin segera membeli rumah di tahun depan, maka Anda harus merencanakan keuangan untuk ini.

Dengan adanya perencanaan tersebut, Anda juga akan merasa lebih semangat dalam menabung uang dan menentukan patokan harga untuk mencapai target tersebut.

2. Sering Hangout

Kalau sudah berkumpul dengan teman-teman, dan sahabat tercinta dalam suatu acara khusus, seperti makan di kafé atau coffee shop, maka tidak perlu ada hal lain yang dibicarakan, cukup menikmati suasana saja di sana.

Kebiasaan seperti ini, cukup menguras keuangan Anda, jika memang cukup sering dilakukan. Kumpul dengan teman memang menyenangkan, tapi keadaan keuangan juga harus lebih hemat karena ingin menabung untuk rumah.

Buatlah alternatif cara, seperti kumpul yang acara makanya ditanggung bersama, ini akan jauh lebih hemat.

3. Terlalu berharap pada Tabungan

Menabung memang hal yang positif bagi keadaan keuangan kita di masa yang akan datang. Namun, jika menabung lewat bank, rekening tabungan Anda memang akan semakin mengecil nilainya, hal ini terjadi karena adanya bunga bank yang berkisar 1-2 persen per tahunnya.

Belum lagi jika ada Inflasi, bunga bisa mencapai 5 persen per tahun. belum lagi, ada potongan biaya lain seperti biaya administrasi. Jika berminat, sebaiknya uang disimpan dalam bentuk saham saja, agar bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi.

4. Terlalu Mengandalkan Pekerjaan

Enaknya menjadi seorang pekerja atau karyawan itu, adalah hidup di level yang cukup aman. Setiap bulannya kita akan menerima uang gaji, dan selanjutnya uang tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sepintas memang masih menyisakan banyak uang, namun akan lebih baik lagi jika Anda memiliki penghasilan ekstra, jika memang ingin mulai menabung untuk memiliki rumah. Saat ini ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan dan cukup menjanjikan

5. Eksis dengan Kendaraan

Di kota besar, dengan cuaca yang cukup ekstrim saat ini, menggunakan kendaraan menjadi solusi agar kita merasa nyaman saat bepergian ke luar. Selain itu, bagi Anda yang lokasi kerjanya jauh dari rumah, maka menggunakan kendaraan pribadi memang diperlukan untuk mempersingkat jarak.

Menggunakan kendaraan pribadi memang nyaman, namun Anda harus bersiap dengan pengeluaran yang harus ditanggung, seperti biaya bensin, jalan tol dan juga parkir. Kebiasaan ini juga membuat keuangan Anda lebih boros.

Sudah jelas, bahwa alasan Anda sulit memiliki rumah adalah karena adanya kebiasaan yang ternyata bertolak belakang dengan keinginan untuk memiliki rumah. Yang harus dilakukan tentunya menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, yang malah membuat Anda dan keinginan memiliki rumah semakin jauh.

Buka pikiran dan mulai melihat peluang, siapa tahu bisa membuat bisnis baru yang akan mendatangkan keuntungan, agar keinginan membeli rumah bisa lebih cepat terjadi.

Sumber : Liputan6

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.