Kesalahan Umum Yang Bisa Bikin Gagal Masuk Universitas

Kesalahan Umum Yang Bisa Bikin Gagal Masuk Universitas

Artikel kali ini kita mau bahas tentang lima kesalahan umum yang sering banget dilakukan oleh kakak-kakak angkatan. Sebetulnya kita cukup yakin kalo kesalahan-kesalahan ini pun masih akan sering diulangi oleh temen-temen seangkatan. Kesalahan-kesalahan inilah yang seringkali menyebabkan banyak siswa yang terkenal pinter (atau rajin) di sekolahnya tapi malah gagal untuk dapet universitas favorit atau bahkan gagal kuliah dan terpaksa harus ngulang tahun depan.

Jadi, buat kamu yang sekarang lagi baca artikel ini, kita berani bilang kalo kamu cukup beruntung karena mengetahui hal-hal ini lebih awal, dan pastinya bisa punya cukup waktu untuk mensiasati kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi ini. Oke deh, kita mulai aja yuk pembahasannya tentang lima kesalahan umum yang (bisa jadi) bikin kamu gagal masuk universitas:

Buat kamu yang sekarang di kelas 12 SMA, kemungkinan besar topik yang lagi HOT dibicarakan di sekolah sekarang-sekarang ini adalah persiapan Ujian Nasional. Yaaa, hampir setiap tahun, ada-ada aja berita serem tentang siswa-siswa berprestasi yang gagal lulus UN sampai stress, depresi, bahkan ada beberapa kasus yang berakhir bunuh diri. Tentu hal ini bikin semua pihak was-was dari mulai guru, orangtua, dan pastinya lo sendiri juga kebawa jadi khawatir dan mulai mikirin gimana caranya supaya bisa lulus UN SMA dengan nilai yang memuaskan.

Nah, terlepas dari semua berita serem yang biasa kamu denger di media tentang UN, kamu pada tau gak sih sebetulnya tingkat kelulusan UN itu seberapa besar? Percaya atau nggak, tingkat kelulusan UN SMA tahun 2014 yang lalu itu 99,52% sedangkan tingkat kelulusan UN SMK tahun 2014 itu sebesar 99,9%! Wuiih… tinggi banget yak? Ya memang! dari tahun ke tahun itu tingkat kelulusan SMA itu gede banget hampir pasti di atas 98%. Artinya peluang kamu sebetulnya sangaaat kecil untuk bisa sampe gak lulus UN SMA atau UN SMK. Cuma emang kita sama-sama maklumin aja kenapa para guru dan pihak sekolah kok malah fokus ngingetin buat belajar untuk UN, ya tentu karena tingkat kelulusan UN SMA/SMK (di sekolah masing-masing) itu jadi faktor yang signifikan dalam proses penilaian dan evaluasi kualitas sekolah yang bersangkutan.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Terus, gimana kabarnya dengan peluang masuk Universitas? Kalo kita ngomongin SBMPTN doang secara keseluruhan yah, pada Saringan SBMPTN 2014 yang lalu, cuma 104.862 siswa doang yang lolos dari total 664.509 peserta, artinya cuma sekitar 15,78% siswa yang lolos SBMPTN 2014! Sekarang kamu bisa lihat kalo persentasenya jauh banget sama peluang kamu (yang sangat gede banget) buat cuma sekedar lulus UN SMA/SMK.

Nah, itu kan baru SBMPTN secara keseluruhan nih, terus kalo misalnya kamu berminat untuk kuliah di jurusan & kampus favorit gimana dong? Okay, misalnya katakanlah kamu mau masuk STEI ITB, persentase kelulusan SBMPTN 2014 dari STEI ITB itu hanyalah sebesar 5,53% doang! Iya, lo gak salah baca, emang cuma sekitar 5% doang yang lolos STEI ITB 2014, tepatnya cuma 162 orang dari total 2927 peminat yang mendaftarkan diri.

Okay, terus gimana dengan universitas lain? Nih, untuk kita kasih bocoran data persentase peluang masuk (jumlah daya tampung/jumlah peminat) untuk Universitas Indonesia (jalur SNMPTN-SBMPTN-SIMAK). But yang penasaran tentang persentase dari universitas lain, lo bisa cari sendiri di google yak!

Lantas, apa point yang mau gua sampaikan di sini? Point gua adalah: Kamu harus sadari dari sekarang bahwa tingkat kesulitan buat masuk universitas itu jauh lebih tinggi dari pada cuma buat sekedar lulus UN doang. Jadi saran kita simple aja, akan jauh lebih efektif buat kamu untuk langsung fokus belajar buat SBMPTN dan Ujian Mandiri mulai dari sekarang daripada belajar dulu buat UN SMA baru abis itu mulai mikirin soal kuliah.

Karena kalo kamu sekarang ini malah belajar untuk kapasitas tingkat soal cuma selevel UN SMA/SMK, kamu gak akan punya banyak waktu lagi buat belajar untuk soal-soal SBMPTN atau UM dengan tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi. Kita jamin deh kalo kamu mulai dari sekarang fokus belajar untuk soal-soal SBMPTN dan Ujian Mandiri yang tingkat kesulitan soalnya jauh lebih tinggi dari pada UN, kamu pasti gak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk lulus UN SMA dengan nilai yang oke.

Sumber : Zenius

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.