Lapisan Es Kutub Utara Yang Mulai Mencair

Lapisan Es Kutub Utara Yang Mulai Mencair

Bandung – Lapisan es paling tebal di Kutub Utara mulai pecah. Hal ini yang menyebabkan terbukanya air di Greenland Utara. Padahal lapisan es ini selalu membeku walaupun musim panas tiba.

Di tahun ini telah tercatat dua kali kejadian yang sama. Hal ini disebabkan karena adanya angin hangat dan juga gelombang panas yang mendorong perubahan iklim di bumi bagian utara.

Fenomena ini mendorong ilmuwan untuk merevisi teori mengenai bagian Arktik dari Kutub Utara yang tahan panas paling lama. Di mana pantai utara Greenland itu disebut-sebut sebagai area es terakhir jika semua daerah sudah meleleh.

Lonjakan suhu pada bulan Februari dan awal Agustus, memang membuat wilayah itu rentan terhadap angin. Serta mendorong es lebih jauh dari pantai sejak catatan satelit tahun 1970.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Soal Pantai Greenland Utara sebagai es terakhir. Es disana biasanya dipadatkan karena Transpolar Drift Stream, yaitu satu dari dua pola cuaca terbesar yang pernah ada. Pola ini terjadi saat es didorong dari Siberia ke Arktik menuju garis pantai. [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.