Lookout Terobosan Google Untuk Bantu Tunanetra

Lookout Terobosan Google Untuk Bantu Tunanetra

Bandung – Kini Tuna Netra bisa melihat dunia lebih luas dan dapat merasakan hidup lebih mandiri terhadap lingkungan sekitarnya hanya dengan memanfaatkan smartphone. Google sebagai salah satu raksasa teknologi di dunia mulai mengembangkan sebuah teknologi dimana seorang tuna netra dapat mengidentifikasi obyek di sekitarnya dengan bantuan audio dari smartphone.

Teknologi ini digadang-gadang bernama Google Lookout. Lookout sendiri dirancang dengan memberikan pemberitahuan lisan berupa audio tentang lingkungan di sekitarnya. Teknologi ini akan menolong tuna netra atau orang – orang yang memiliki keterbatasan dalam melihat untuk belajar kondisi di sekelilingnya dengan mengidentifikasi obyek – obyek di sekitarnya.

Jumlah Tuna Netra di dunia yang mencapai lebih dari 235 juta orang yang menjadi pertimbangan google mengembangkan teknologi ini, google ingin membuat dunia lebih mudah di akses oleh mereka, sehingga perlu dibuat alat – alat yang bisa bekerja dalam lingkungan yang selalu berubah di sekitar kita.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa pilihan mode seperti Work & Play, Home, Scan dan Experimental yang memiliki kegunaan masing – masing.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  
  1. Mode Work & Play berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengguna terhadap barang – barang di sekitarnya yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan si pengguna.
  2. Mode Home berfungsi untuk memberikan informasi barang apa saja yang ada di rumah beserta letak si barang tersebut.
  3. Mode Scan berfungsi untuk menerjemahkan tulisan yang ada di sekitar menjadi audio sehingga pengguna dapat memahami tulisan tersebut. Hal ini dianalogikan seperti pengguna sedang membaca buku.
  4. Mode Experimental, khusus untuk mode ini diciptakan dengan mendukung kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) berfungsi untuk pemberitahuan apa saja yang dianggap penting untuk di dengar ataupun tidak.

Aplikasi ini akan dibuat di platform android yang akan tersedia di Play Store. Rencananya Lookout akan dirilis tahun ini di Amerika Serikat. [wid]

Sumber : https://breakingnews.co.id/read/google-lookout-bantu-tunanetra-identifikasi-obyek-sekitar-secara-audio

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.