Manusia Berimplan Mesin = Manusia 1 Juta Tahun Mendatang?

Manusia Berimplan Mesin = Manusia 1 Juta Tahun Mendatang?

Bandung – Muncul perkiraan – perkiraan  bagaimana wujud manusia 1 juta tahun mendatang. Muncul asumsi bahwa manusia akan menjadi cyborg (organisme sibernetika) dengan implan mesin berteknologi tinggi, anggota badan yang dapat tumbuh kembali dan mata berkamera.

“Mungkin, nantinya, kita bisa berevolusi menjadi lebih kecil sehingga tubuh kita membutuhkan lebih sedikit energi,” ungkap Thomas Mailund, profesor bioinformatika di Aarhus University, Denmark. Tubuh seperti ini akan berguna di planet yang sangat padat.

Mailund mengatakan bahwa kita dapat berevolusi dengan cara-cara yang membantu kita mengatasi hal ini. Mengingat nama-nama orang misalnya, bisa menjadi keterampilan yang jauh lebih penting. Peran teknologi lah yang akan masuk kesini sehingga Implan otak di otak akan memungkinkan kita mengingat nama-nama orang.

“Kita tahu gen apa yang terlibat dalam membangun otak sehingga dapat mengingat nama-nama orang. Kita mungkin saja mengubahnya. Kedengarannya lebih seperti fiksi ilmiah. Tapi kita bisa melakukannya sekarang.”

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

“Kita dapat mengimplannya tetapi kita tidak tahu cara memasangnya untuk membuatnya berguna. Kita menuju ke sana tetapi itu sangat eksperimental,” tutur Thomas.

“Ini bukan pertanyaan biologis lagi, ini teknologi,” tuntasnya.

Hal inilah yang memungkinan teknologi akan menggeser manusia sehingga manusia tak lagi konvensional namun sudah terintegrasi oleh teknologi komputer. Sehingga besar kemungkinan wujud manusia satu juta tahun mendatang akan berwujud robot seperti di fiksi – fiksi ilmiah [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.