Menariknya Konversi Sinyal Wifi Menjadi Listrik

Menariknya Konversi Sinyal Wifi Menjadi Listrik

Bandung – Kini tengah dikembangkan sebuah alat konversi dari sinyal WiFi menjadi listrik hal ini dilakukan oleh Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Technical University of Madrid.

Perangkat yang dinamakan rectenna atau singkatan dari rectifying antenna merupakan antena yang mengonversi tenaga elektromagnetik menjadi arus searah (DC). Alat ini akan bekerja menggunakan frekuensi radio yang menangkap elektromagnetik (termasuk yang berasal dari WiFi) sebagai gelombang arus AC.

Tim peneliti menggunakan bahan yang terhitung fleksibel yakni molybdenum disulfide (MoS2) dengan ketebalan hanya tiga atom. Ketika terpapar zat kimia, bahan ini akan membuat semikonduktor dan logam bereaksi hingga menghasilkan listrik.

Alat pengkonversi ini mampu menghasilkan listrik sekitar 40 microwatt. Meski tidak signifikan, namun peneliti mengatakan daya ini bisa menyalakan lampu LED.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Dengan daya yang kecil, peneliti mengatakan teknologi ini bisa digunakan untuk area luas atau perangkat kecil seperti ponsel, alat medis, hingga sensor yang harus dimasukkan ke dalam organ tubuh.

Jesús Grajal, tim peneliti dari University of Madrid mengatakan hasil pengembangan ini ideal untuk digunakan karena tidak membutuhkan baterai.

“Pengembangan alat ini ideal lantaran tidak butuh baterai untuk mengonversi. Tidak bisa dibayangkan jika menggunakan baterai lalu kandungannya bocor dan memicu kematian pasien,” ungkapnya.

Hasil pengembangan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature ini disebut juga bisa memanen frekuensi radio dari perangkat elektronik WiFi, Bluetooth, sinyal LTE, dan lainnya.

Pengembangan ini sebenarnya bukan yang pertama di dunia. Sebelumnya tim peneliti dari Ohio State University juga mengembangkan alat untuk ‘memanen’ sinyal WiFi berkekuatan 2,45 GHz hingga menghasilkan listrik. [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.