Menghasilkan Uang Dengan Postingan Blog

Menghasilkan Uang Dengan Postingan Blog

Bandung –  Di era digital seperti sekarang ini, pemasukan bisa datang dari mana pun termasuk melalui internet. Mulai dari website atau blog dapat menjadi ladang penghasilan yang memberikan pemasukan yang cukup besar.

Tapi untuk bisa menghasilkan, blog harus didukung dengan jumlah pengunjung yang banyak pula. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan uang melalui endorse, iklan, dan lainnya.

Namun untuk menarik pengunjung atau pembaca hingga jutaan orang, tentunya bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak website dan blog yang bertebaran di dunia maya.

Tidak hanya bermodal konten yang bagus saja, penting bagi para blogger mempelajari SEO (Search Engine Optimization) yang menjadi pintu masuk agar situs atau blog Anda menjadi mudah diakses.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Jadi, meski Anda punya konten yang baik, tapi tanpa didukung dengan teknik SEO, website atau blog Anda akan sulit berkembang. Lalu, bagaimana cara agar banyak pembaca mengunjungi situs atau blog kita?

Melalui teknik SEO tersebut, blogger wajib tahu cara yang bisa dilakukan untuk menarik banyak pengunjung dan membaca pada website atau blog.

1. Ada yang Gratis, Tapi Pilih Blog yang Berbayar

Memang, ada banyak laman blog yang tawarkan secara gratis pada penggunanya. Namanya juga gratis, tentu tidak bisa disamakan dengan yang berbayar dari segi benefit yang bakal diperoleh.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula untuk peroleh pendapatan dari blog, maka carilah yang berbayar dan kelola blog dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Sehingga akan ada banyak dikunjungi pembaca dan dengan sendirinya blog Anda terkenal.

2. Beli Domain serta ‘Hosting’

Jika Anda memang serius untuk mengelola sebuah website, maka tidak ada salahnya jika memiliki hosting dan domain sendiri. Karena ini bisa membuat situs atau blog Anda memiliki peringkat yang tinggi dalam mesin pencarian.

Namun untuk memiliki domain dan hosting sendiri bukanlah hal yang gratis. Anda harus membayar sejumlah biaya setiap bulannya. Jika hanya ingin membuat blog pribadi, pilihlah yang sesuai. Sebagai contoh, domain dan hosting sendiri pada blog wordpress dengan biaya 4 dollar AS atau sekitar Rp 58.000 per bulan yang ditagihkan setiap tahun, untuk jenis personal.

Tentu tarif itu berbeda jika Anda memilih paket untuk website atau blog kategori premium dan bisnis, masing-masing 8 dollar AS dan 25 dollar AS per bulan. Memiliki domain dan hosting sendiri membuat blog Anda terlihat seperti situs terpercaya.

3. Buat Konten yang Baik dan Berkualitas

Bagaimanapun juga, konten yang baik dan berkualitas itu penting dalam sebuah situs atau blog. Memiliki konten yang berkualitas dan menarik tentunya membuat Anda memiliki banyak pembaca yang berkunjung.

Jika pembaca-pembaca tersebut menyukai konten yang Anda tulis, maka mereka tentunya akan membagikan konten atau blog yang Anda miliki di berbagai media sosial. Sehingga membuat Anda memiliki banyak backlink.

Backlink inilah yang akan membuat semakin banyak orang melihat dan tertarik mengunjungi blog Anda. Semakin tinggi backlink Anda, maka akan semakin tinggi peringkat yang Anda miliki dalam SEO.

4. Jangan Lupa Beri Nama dan ‘Caption’ pada Tiap Gambar

Setiap Anda menyertakan atau mengunggah gambar dalam blog, pastikan memberi nama dan deskripsi (caption) pada setiap gambar. Gambar diperlukan untuk bisa mengilustrasikan serta memperjelas isi konten anda.

Tak hanya menjadi media untuk mengomunikasi konten kepada pembaca, namun juga dapat menjadi rujukan bagi Google dalam menyeleksi infomasi. Jika Anda tidak memberikan judul dan caption yang jelas pada gambar-gambar yang diunggah, tentu saja gambar tersebut tidak dapat dibaca oleh mesin pencari (search engine) Google. Untuk itu jangan pernah lupa untuk memberikan judul dan caption pada gambar yang memang sesuai dengan isi konten Anda, ya?

5. Gunakan Judul dan Tag atau ‘Keyword’ yang Ramah SEO

Judul dan tag menjadi bagian terpenting di dalam sebuah situs. Hal ini akan membuat Google lebih mengenali blog yang Anda miliki. Sehingg perhatikan betul penggunaan judul dan tag yang Anda sematkan.

Selain itu, gunakan kata-kata kunci (keyword) yang memang banyak di cari di internet. Untuk membuat judul yang menarik, penting mengetahui kata kunci apa yang mungkin sering digunakan dalam mesin pencarian.

Dengan mengenali keyword ini, Anda bisa membuat judul yang atraktif sehingga nantinya Google dapat merujuk website Anda pada pengunjung yang sedang melakukan pencarian.

Tak hanya pada judul, keyword juga harus Anda letakkan pada tag. Semakin kreatif keyword yang Anda gunakan, maka membuat website Anda semakin ramah dicari.

6. Makin Pendek URL Semakin Membuat Traffic yang Tinggi

Hal lainnya yang penting untuk diperhatikan adalah URL atau alamat yang merujuk pada website atau postingan Anda. URL ini tidak dapat Anda ganti di lain waktu.

Karena jika URL diganti, maka secara otomatis membuat alamat baru. Sehingga nantinya segala komentar, page views, backlink pada alamat yang lama jadi hilang.

Untuk itu pembuatan URL perlu diperhatikan dengan matang di awal. URL dapat secara otomatis terbentuk, semisal kalimat panjang yang tidak terbatas. Namun jenis URL seperti ini membuat postingan Anda tidak akan enak dipandang dan tentunya tidak ramah SEO.

Agar pengunjung yang datang ke website Anda lebih banyak, maka akan lebih baik memasukkan kata kunci pada URL. Semakin singkat URL maka membuat postingan yang Anda unggah lebih mudah ditemukan.[wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.