Menikmati Kopi Ala K-Pop di Dunia Metaverse

Menikmati Kopi Ala K-Pop di Dunia Metaverse

Maraknya persaingan dalam sektor usaha mikro, kecil dan menengah kian ketat dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku kelompok usaha tersebut.

Mereka harus terus memacu kreativitas dalam mendorong pengembangan usaha. Seperti salah satu upaya yang dilakukan oleh Kopi Chuseyo, kedai kopi yang yang terinspirasi dari budaya pop Korea atau K-Pop, yang melakukan kolaborasi dengan WIR Group.

Nota kesepahaman untuk kerja sama ini ditandatangani oleh Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dan pendiri Kopi Chuseyo, Daniel Hermansyah di Jakarta.

“Kami merasa sangat terhormat bisa bekerja sama dengan WIR Group untuk memperkuat jaringan usaha dan layanan pemasaran dengan menggunakan platform metaverse yang sedang dikembangkan dan menjadi jaringan kopi pertama yang masuk ke metaverse. Kami berharap kerja sama ini akan semakin ditingkatkan dalam banyak hal di masa depan untuk mengembangkan ekosistem WEB3 di Indonesia,” papar Daniel Hermansyah.

Daniel Hermansyah lebih lanjut menjelaskan, Kopi Chuseyo yang berdiri sejak tahun 2019 dan memiliki 50 cabang di seluruh Indonesia ini melihat adanya urgensi untuk melakukan transformasi digital saat ini.

“Kami ingin tidak hanya mengembangkan layanan dan pemasaran, tetapi juga membuka potensi ekonomi di daerah-daerah, yang tentunya akan memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Selain itu, kami merasa perlu lebih siap lagi menghadapi iklim kompetisi yang kian ketat dalam dunia usaha di era digital tanpa batas,” ujar Daniel.

“Saat ini kami sedang mencoba mencari seed funding dan berencana menjadi sebuah tech startup, dengan demikian kolaborasi dengan WIR Group akan menjadi momentum penting bagi kami untuk meningkatkan kemampuan, potensi dan kinerja yang akan kami kerahkan demi keberlangsungan usaha Kopi Chuseyo,” lanjut Daniel.

Sementara, Chief Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus, transformasi digital mutlak dilakukan dunia usaha agar mereka mampu mengembangkan berbagai strategi usaha yang tepat, supaya tetap berada dalam jalur kompetisi di era digital yang kian dinamis.

“Kami melihat potensi besar yang dimiliki Kopi Chuseyo untuk memanfaatkan kehadiran metaverse, tidak hanya sebagai alat untuk ekspansi, namun juga sebagai cara membangun customer loyalty. Kami melihat  Kopi Chuseyo memiliki basis komunitas yang kuat terlebih lagi dengan gelombang K-Popers di hampir semua wilayah di tanah air yang sangat potensial menjadi penggerak sekaligus pengguna metaverse di masa depan,” lanjut Gupta.

Ia berharap, platform metaverse yang dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor ekonomi termasuk UMKM, guna mendukung landasan imajinasi dan kreativitas mereka, agar dapat mewujudkan visi melalui penerapan strategi yang tepat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.