Menuju ASO, Kominfo Siap Bagikan 6,7 Juta Perangkat STB

Menuju ASO, Kominfo Siap Bagikan 6,7 Juta Perangkat STB

Tahap pertama Analog Switch Off atau migrasi ke siaran televisi digital sepenuhnya bakal dimulai pada 30 April 2022. Pada momen tersebut televisi model lama yang masih mengandalkan siaran televisi analog dipastikan tidak akan lagi bisa menerima tayangan.

Solusinya masyarakat harus menggunakan televisi dengan dukungan teknologi siaran digital atau mengandalkan alat STB atau set top box pada televisi analog untuk tetap menerima siaran.

Kini Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengklaim sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk mendorong dan mengantisipasi masyarakat tidak bisa menikmati siaran televisi digital, salah satunya dengan menyiapkan 6,7 juta unit STB yang dibagikan gratis ke masyarakat kurang mampu.

“Set top box ini kita perkirakan untuk keluarga miskin sekitar 6,7 juta STB bagi 6,7 televisi yang dimiliki oleh rakyat miskin.  Untuk STB ini yang sedang kita siapkan agar 6,7 juta itu tersedia pada waktunya sesuai dengan tahapan ASO paling lambat tanggal 2 November 2022,” tuturnya dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta Selatan.

Menkominfo menegaskan ketersediaan STB merupakan aspek penting untuk mendukung implementasi ASO. Menurutnya, STB dibutuhkan bagi perangkat televisi yang belum memenuhi standar Digital Video Broadcasting–Second Generation Terestrial (DVB T2) atau TV digital.

Dia mengaku bahwa mekanisme pembagian STB gratis tengah disiapkan dan jumlah unit yang dibagikan tadi mengacu ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial. Pemasangan STB ke televisi analog yang belum memenuhi standar DVV T2 juga akan dipandu oleh petugas.

“Jadi lebih dari sekadar bagi-bagi (STB gratis), karena harus dipasang dan di-install di perangkat televisi masing-masing. Seperti misalnya di rumah kalau pakai Indihome atau pakai layanan internet itu kan ada perangkat connector-nya, sama kira-kira seperti itu ada perangkat connector-nya yang memungkinkan menerima siaran digital,” jelasnya.

Menkominfo Johnny juga mengaku sudah menggandeng Kementerian Perindustrian untuk menyediakan sertifikasi perangkat STB dan TV digital yang diperdagangkan di Indonesia sehingga dipastikan produk bisa berfungsi baik dan memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan hingga tersedia layanan purnajual dari produsen.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.