Mobil Tanpa Sopir Apple Terlihat Pertama Kali di Jalan

Mobil Tanpa Sopir Apple Terlihat Pertama Kali di Jalan

Mobil Lexus RX450h SUV keluar dari markas Apple di Cupertino dan mengitari Silicon Valley pada Kamis (27/4/2017) waktu setempat. Seorang netizen kemudian mengambil gambar mobil tersebut dan menyebarkannya ke ranah maya.

Diduga kuat mobil itu menandai pengujian perdana Apple secara publik untuk proyek self-driving car, sebagaimana dilaporkan AppleInsider dan dihimpun KompasTekno, Jumat (28/4/2017).

Pasalnya, Lexus RX450h SUV itu dilengkapi dengan perkakas teknologi canggih. Misalnya unit Velodyne LiDAR yang terpasang di bagian atap sebagai sensor hardware khusus mobil tanpa awak.

Ada pula beberapa radar yang diposisikan di bemper depan dan belakang. Sejumlah kamera juga dipasang di sepanjang eksterior mobil. Bisa jadi kamera itu mampu menangkap pemandangan 360 derajat di sekitar mobil.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Dari luar, platform pada self-driving car milik Apple tampak sama dengan yang ditawarkan vendor lain. Misalnya saja pematrian sistem dari LiDAR yang memang menjadi tonggak self-driving car pada umumnya.

Meski demikian, sejatinya belum ada yang benar-benar melihat cara kerja mobil tanpa awak yang dikembangkan Apple. Software dari Apple tak bisa diidentifikasi dari tampilan luar.

Selain itu, Apple sendiri sejatinya belum mengonfirmasi bahwa Lexus RX450h SUV yang beredar itu merupakan bahan uji cobanya. Hanya saja, ini sejalan dengan dokumen izin pengujian yang telah dikantongi Apple beberapa saat lalu.

Dokumen yang dikeluarkan California Department of Motor Vehicles sekitar dua pekan lalu tersebut merupakan lampu hijau bagi Apple untuk menguji self-driving car di California, AS. Dalam dokumen itu, terpatri pula nama jenis mobil yang diuji coba, yakni Lexus RX450h SUV.

Sumber : Kompas

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.