Monyet di Thailand Melakukan Diet

Bandung –  Berat badan ideal atau kelebihan berat badan (obesitas)?  Pasti semua akan memilih berat badan ideal, karena jika mengalami obesitas akan membuat orang bahkan hewan sekalipun sulit beraktivitas.

Seperti kasus salah satu hewan yang sedang viral di Thailand ini yaitu monyet yang mengalami obesitas bernama Paman Fatty atau sering dipanggil “Uncle Fat”. JIka seekor monyet “normal” biasanya hanya memiliki berat badan maksimal 9 kilogram. Namun Uncle Fat memiliki berat badan 27 kilogram yaitu tiga kali lebih berat dibanding monyet-monyet lainnya.

Kebiasaan menyantap makanan cepat saji, makanan ringan, yoghurt dan minuman bersoda sisa para turis adalah penyebab Uncle Fat memiliki obesitas. Hal ini membuat para petugas kehutanan menangkap Uncle Fat  dan mengirimnya ke penangkaran guna menjalani diet.

Dikutip dari Kompas.com “Uncle Fat memiliki anak buah yang membawakan makanan untuk dia. Namun, dia juga membagikan makanannya untuk monyet yang lebih muda,” kata Supakarn Kaewchot, dokter hewan yang mengurus sang monyet gemuk.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Menurut Supakarn, Uncle Fat dalam kondisi kritis karena dia berisiko tinggi kena serangan jantung atau diabetes.

Uncle Fat diyakini berusia 10-15 tahun, untuk membantunya mengurangi berat badan, jumlah makanan yang bisa disantapnya maksimal seberat 400 gram. Program diet ketat pun akan dijalani oleh Uncle Fat, dia hanya dapat memakan buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Saya harap dalam beberapa bulan kami sudah bisa melepaskannya kembali ke alam liar,” tambah Supakarn.

Dia melanjutkan, Uncle Fat adalah contoh nyata mengapa manusia tak boleh memberikan makanan tak sehat untuk monyet liar.

“Saya paham para turis merasa kasihan melihat monyet-monyet itu dan ingin memberi mereka makanan,” kata Supakarn.

“Namun, tolong jangan beri mereka makanan yang biasa dimakan manusia seperti makanan ringan atau soda. Makanan manusia tak baik bagi kesehatan mereka,” dia menegaskan.

Semoga saja dengan program diet yang dijalani Uncle Fat dengan bantuan beberapa dokter hewan akan membuat Uncle Fat memiliki berat badan yang normal seperti teman-temannya yang lain. [GP]

 

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2017/05/19/18544891/seekor.monyet.obesitas.di.thailand.dipaksa.berdiet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *