Pelanggan Baru Grab Wajib Verifikasi Wajah Lewat Selfie

Pelanggan Baru Grab Wajib Verifikasi Wajah Lewat Selfie

Demi meningkatkan keamanan mitranya, Grab kini mengharuskan penumpang untuk melakukan verifikasi wajah dengan selfie. Fitur Passenger Selfie Verification ini wajib dilakukan pelanggan baru sebagai bentuk identifikasi sebelum mereka memesan kendaraan untuk pertama kalinya. 

“Pengalaman kami menunjukkan bahwa pelaku kriminal biasanya beraksi saat pertama kali terdaftar dalam aplikasi Grab. Melalui inovasi teknologi verifikasi wajah ini, kami ingin melindungi mitra pengemudi kami dengan meningkatkan perlindungan terhadap potensi kejahatan,” kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam Peluncuran Fitur Keamanan Terbaru Pelatihan Bela Diri Dasar Bagi 100 Mitra Pengemudi Perempuan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Senin (22/4/2019). 

Neneng menyebut inovasi verifikasi ini menjadi pertama secara global di industri transportasi online yang dipakai untuk Grab se-Asia Tenggara. “Solusi pengenalan wajah yang lengkap ini akan membantu menciptakan ekosistem Grab yang lebih aman bagi semua, termasuk penumpang dan pengemudi,” sambung dia. 

Meski lebih ditujukan untuk pengguna yang baru pertama memakai layanan Grab, verifikasi wajah tetap dilakukan untuk pelanggan Grab yang sudah lama mendaftar walaupun dengan mekasnisme sosial media.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

“Pengguna lama ada link dengan Facebook, kita bisa ambil di sosmed mereka biasanya me-link-kan dengan FB,” ujar Neneng. 

Neneng melanjutkan selfie yang diambil hanya dipakai untuk alasan konfirmasi identitas. Seluruh foto akan disimpan dengan aman. “Selfie hanya akan digunakan untuk keperluan verifikasi oleh sistem Grab, khususnya bagi pengguna baru untuk dapat masuk dan mengakses aplikasi Grab mereka. Foto tersebut juga tidak akan ditunjukkan kepada pengemudi dan tidak akan muncul sebagai foto profil pengguna pada aplikasi.” imbuh Neneng lagi. 

Sebelumnya, selain fitur verifikasi wajah pelanggan melalui swafoto, Grab juga meluncurkan inovasi keamanan lainnya yaitu VoIP atau Free Call yang merupakan kelanjutan dari fitur penyamaran nomor telepon pribadi pelanggan dan mitra pengemudi. 

Dengan fitur ini, pelanggan atau pun pengemudi Grab tinggal memilih Free Call di aplikasi Grab yang memungkinkan bisa menghubungi secara gratis. [dEe]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.