Pentingnya Hard Skill Seimbang Dengan Soft Skill

Pentingnya Hard Skill Seimbang Dengan Soft Skill

Bandung- Ada dua jenis keahlian dalam mendukung para pekerja dalam dunia kerja. Ada Hardskill dan juga Soft Skill. Hard skill merupakan keterampilan yang berkaitan eratd engan pekerjaan seperti seorang Ahli IT yang dapat membuat program komputer atau seperti seorang akuntan yang bisa membuat laporan keuangan.

Sedangkan Soft skill merupakan keterampilan yang berkaitan dengan kepribadian seseorang yang dapat mendukung pekerjaan dan hubungan interpersonal di lingkungan kerja. Soft skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja seperti kemampuan berkomunikasi, sikap kepemimpinan, amanjemen waktu dan lain -lain.

Hard skill penting untuk ditulis di lembar curriculum vitae untuk menunjukkan bahwa kemampuan anda sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Biasanya Hard skill ini diuji saat proses perekrutan dengan mengadakan tes terulis dan ujian praktik untuk membuktikan hard skill yang kamu miliki. Penilaian ini bersifat Objektif.

Pada saat membuat CV mungkin saja kamu menyertakan soft skill apa saja yang kamu miliki, namun pewawancara bisa menilai sendiri keterampilan kamu saat proses wawancara.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Kedua keahlian ini sangatlah penting untuk kita miliki dalam mendukung pekerjaan. Kamu bisa menambah kemampuan Hard skill kamu dengan belajar lagi seperti mengikuti pelatihan atau kursus, bahkan tidak menutup kemungkinan kamu untuk kuliah lagi.

Untuk kemampuan soft skill yang berdasarkan tipe kepribadian tidak bisa diubah, jadi kamu harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik pribadi. Namun seperti kemampuan komunikasi dan kepemimpinan bisa diasah dengan mengikuti pelatihan. [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.