Perjalanan Mudik, Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS Google Maps di Android

Perjalanan Mudik, Begini Cara Tingkatkan Akurasi GPS Google Maps di Android

Sebagian masyarakat di Indonesia sudah mulai melakukan perjalanan mudik, hal ini didorong oleh ‘lampu hijau’ yang diberikan pemerintah untuk momen Lebaran tahun ini meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Apakah Anda menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi umum dan mengandalkan aplikasi navigasi seperti Google Maps? Kami yakin pasti Anda akan merasa cemas dan kesal apabila lokasi yang ditunjukan oleh Google Maps tidak akurat.

Menurut penelusuran redaksi, hal ini disebabkan oleh kemampuan GPS di dalam smartphone. Posisi Anda yang terus melaju dan melewati sejumlah daerah dengan kualitas koneksi internet atau sinyal seluler yang tidak selalu bagus membuat GPS kesulitan memberikan update posisi yang akurat.

Kabar baiknya, Google Maps sendiri menyediakan notifikasi dan bantuan saat status GPS terpantau kurang akurat, berikut adalah cara meningkatkan akurasi GPS di Android? Redaksi mencobanya pada smartphone Xiaomi 12 Pro

1.Masuk ke bagian Settings atau Pengaturan di smartphone Android.

2. Di kolom pencarian Anda bisa mengetikan Location atau Lokasi selanjutny pilih menu tersebut atau geser menu di halaman Settings hingga bawah dan akan tertera menu Location.

3. Di dalam halaman menu Location, pilih menu Location Services yang ada di dalamnya.

4. Kini Anda akan diarahkan ke halaman berisi sejumlah menu, pilih Google Location Accuracy

5. Anda tinggal mengaktifkan tombol geser menu Improve Location History.

Tidak ketinggalan Anda juga bisa mengaktifkan menu WiFi Scanning dan Bluetooth Scanning di halaman sebelumnya. Hal ini membantu GPS di smartphone untuk bisa melakukan update lokasi dengan mudah saat terhubung ke WiFi di lokasi tertentu atau terhubung Bluetooth di perangkat lain dengan GPS, misalnya smartwatch.

Google Maps dikabarkan dalam waktu dekat juga akan menambahkan informasi harga tarif tol. Hal ini diprediksi juga hadir di Indonesia sehingga mempermudah pengguna menghitung biaya tol yang harus dibayar sebelum melakukan perjalanan jauh.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.