Ponsel Android Ini Pancarkan Radiasi Lebih Tinggi dari Izin FCC

Ponsel Android Ini Pancarkan Radiasi Lebih Tinggi dari Izin FCC

Laporan terbaru dari BanklessTimes menampilkan daftar smartphone yang memancarkan radiasi frekuensi radio (RF) tertinggi. BanklessTimes mencatat bahwa seluruh smartphone memancarkan level RF berbeda.

Namun, mengutip AndroidCentral, laporan BanklessTimes ini juga menggarisbawahi tidak adanya bukti bahwa radiasi tersebut dapat membahayakan manusia. BanklessTimes memberikan nilai bagi perangkat terkait radiasi RF berdasarkan angka SAR miliknya.

Angka tersebut merupakan rasio penyerapan spesifik yang mengukur tingkatan tubuh manusia menyerap gelombang medan elektromagnetik RF (RF-EMF). Hasilnya disusun dalam watts per kilogram (W/Kg).

Perangkat yang menduduki peringkat pertama terkait radiasi adalah Motorola Edge dengan nilai SAR mencapai 1,79W/Kg, melebihi batas maksimum yang ditentukan FCC yaitu 1,6W/Kg. Peringkat kedua diduduki oleh ZTE Axon 11 5G dengan nilai SAR 0,20W/Kg lebih rendah dari Edge, sebesar 1,59W/Kg.

Posisi ketiga diduduki oleh OnePlus 6T dengan nilai SAR 1,55W/Kg, sedangkan Sony Xperia XA2 Plus dan Xperia XZ1 Compact menduduki peringkat empat dan delapan dengan nilai SAR sebesar 1,41W/Kg dan 1,36W/Kg.

Tiga model Google Pixel masuk ke dalam daftar 10 besar, dengan nilai SAR Pixel 3 XL sebesar 1,39W/Kg menduduki peringkat kelima, diikuti oleh Pixel 4a dengan nilai radiasi RF 1.37W/Kg. Pixel 3 mendapatkan nilai seri dengan OnePlus 6, dengan nilai SAR sebesar 1.33W/Kg.

Di berbagai negara, badan regulator telah menentukan nilai SAR maksimum yang dapat dipancarkan perangkat untuk mengurangi peluang konsumen menderita kanker akibat paparan radiasi dari perangkat.

Laporan ini menyatakan bahwa seluruh ponsel memancarkan radiasi, faktor yang menentukan besaran radiasi ini termasuk tipe perangkat, model, usia, dan keandalan antenna. Selain itu, faktor penting lain adalah jarak ponsel dari menara jaringan seluler terdekat.

Ponsel memancarkan radiasi RF umumnya hanya menghangat di area tubuh yang berdekatan dengan ponsel, meski radiasi tidak cukup kuat untuk menghangatkan tubuh secara signifikan. Untuk membatasi paparan terhadap radiasi RF, FCC memberikan sejumlah imbauan.

FCC mengimbau konsumen untuk membatasi paparan terhadap ponsel seluler, menggunakan ponsel dalam jangka waktu lebih singkat, dan memanfaatkan teknologi bebas tangan atau hands-free.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.