Sistematika Penulisan Paper

Sistematika Penulisan Paper

Paper merupakan ringkasan dari penelitian yang di buat, dapat dikatakan paper sama dengan tugas akhir, namun lebih ringkas dan tak serinci tugas akhir. Menurut standar paper biasanya ditulis sampai 6 halaman saja. Paper bisa dikatakan sebagai salah satu karya tulisan ilmiah yang memiliki hubungan erat dalam dunia pendidikan. Terkadang paper disamakan dengan makalah pada kenyataanya paper dan makalah berbeda.

Sistematika Penulisan Paper
Berikut unsur-unsur yang harus ada dalam pembuatan paper.
1. Judul dan Nama Penulis
Dalam setiap karya ilmiah pastilah ada yang namanya identitas para penulis. Hal ini diperlukan agar paper yang dibuat memiliki hak cipta dan tidak sembarang orang dapat menyalinnya.

2. Abstrak
Abstrak merupakan isi atau rangkuman dari keseluruhan paper yang telah dibuat, namun diringkas hingga menjadi satu paragraf panjang dan biasanya butuh satu lembar halaman untuk memenuhi abstrak hingga menjadi sangat singkat (jelas).

3. Pendahuluan
Pendahuluan atau Introduction pada dalam sebuah paper, biasanya berisi tulisan garis besarnya dari permasalahan yang hendak dibahas, pada sebuah paper hanya berisi disekripsi singkat tentang pemasalahan atau hal yang akan dibahas, kenapa dan apa tujuan dalam permasalahannya itu. Biasanya berisi hal-hal berikut
– Deskripsi yang jelas tentang permasalahan dan tujuan dari pembuatan paper tersebut.
– Tunjukkan / beritahu kenapa permasalahan ini penting, menantang dan menarik untuk di bahas (motivasi).
– Sedikit review singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya, sehingga menjadi dasar penelitian kita (scope).
– Tunjukkan gap / masalah yang ada pada penelitian sebelumnya, agar menjadi pertanyaan yang akan kita selesaikan dalam penelitian kita.
– Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi masalah yang kita sebutkan sebelumnya (solution).
– Tulislah secara global penemuan yang dihasilkan (result).
– Tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline).

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

4. Penelitian Terkait
Pada umumnya sebuah paper terdapat ulasan mengenai penelitian-penelitian terdahulu yang dijadikan sebagai referensi untuk mendasari suatu karya tulis dalam membuatan suatu paper.

5. Metodologi
Sebuah paper yang baik harus ada ulasan tentang metodologi seperti apa dan kegunaannya dalam pembuatan karya ilmiah. Biasanya dijelaskan dengan gambar atau bagan sebagai tujuan untuk mempermudah pemahaman para pembaca dalam memahami isi paper. Jelaskan pula deskripsi masing-masing bagian dalam gambar jika ada.

6. Percobaan dan Hasil
Inilah bagian penting dalam sebuah paper, yaitu data mengenai percobaan, sebuah eksperiment atau riset yang kita lakukan terhadap suatu hal seperti data yang akan digunakan, jumlah data, sumber dan lain sebagainya. Perlu sedikit ketelitian yang baik, karena beberapa hal yang mendasar itu akan tertuang dalam sebuah paper.

7. Pemecahan
Pemecahan pada poin ini adalah hal-hal atau isue yang ingin kamu sampaikan dari penelitian yang telah di lakukan. Semua berisikan ide-ide menarik atau gagasan pada sebuah permasalahan tentang apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca dan biasanya berupa opini atau saran.

8. Referensi
Cantumkan daftar referensi dalam menyusun paper. Hal ini sangat penting untuk mengetahui asal-usul teori-teori yang ada dalam paper.
Adapun ketentuan-ketentuan dalam penulisan paper yang baik dan benar diantaranya:
– Paper akademik mesti diketik, tulisan tangan tak diperkenankan
– Gunakan jenis huruf, dan tata letak (layout) yang pasti, umumnya mahasiswa menggunakan Times New Roman, Arial, Tahoma, atau Garamond 11 pt.
– Gunakan 1, 5 spasi. Pakai spasi rangkap untuk :
– Kutipan yang lebih dari tiga baris. Ke-2 margin mesti lebih luas untuk kutipan lebih dari tiga baris.
– Catatan kaki (footnotes) serta cacatan akhir (endnotes).
– Cantumkan nomor halaman
– Pastikans paper tak mengandung kesalahan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca sebelum disatukan.
– Rapikan tata letak paragraf
– Paper mesti memiliki halaman judul (menyebutkan judul, nama pengarang serta nomor mahasiswa, mata kuliah serta nama dosen dan tanggal dihimpun).
– Cobalah untuk menulis fikiran anda sejelas mungkin serta jauhi kekeliruan gaya penulisan, tata bahasa serta ejaan.

Demikian artikel tentang sistematika penulisan paper, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang bingung menulis paper

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.