SMARTPHONE Asli Karya Anak Bangsa (Besutan ITB) Siap Dipasarkan

SMARTPHONE Asli Karya Anak Bangsa (Besutan ITB) Siap Dipasarkan

Tidak diragukan lagi smartphone saat ini merajai pasar produk ponsel pintar di Indonesia, yang didominasi oleh produsen asal china, korea dan jepang dengan berbagai merk dan keunggulanya.

Tak ingin kalah dengan produk import, beberapa produk dalam negeripun mulai unjuk gigi beberapa proyek ponsel pintar karya anak bangsa pun mulai bermunculan. Diantaranya adalah Digicoop, merupakan salahsatu brand ponsel pintar karya peneliti ITB telah mendapatkan sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20,2 persen pada akhir 2016.

Diproduksi masal oleh Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri atau KDIM, adalah koperasi jasa atau koperasi simpan manfaat yang diinisiasi oleh 2 organisasi digital yang sudah bergerak di industri digital/telematika Indonesia selama lebih dari 20 tahun, yaitu APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia).Kantor Pusat KDIM berlokasi di Gedung Cyber Lantai 5, Jl. Kuningan Barat no 8, Jakarta 12710. (Sumber https://koperasidigital.id/faq )

Dalam proses penelitian dan pengembangan smartphone 4G anak negeri itu, ITB menggandeng perusahaan swasta yaitu PT Jalawave Integra, PT VS Technology Indonesia, dan PT TSM. Smartphone 4G besutan ITB ini khusus diperuntukkan bagi para anggota koperasi di Indonesia. Kemungkinan akan diberi nama Digicoop 01 dan seterusnya untuk tipe berikutnya.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Digicoop saat ini sudah diproduksi masal tetapi penggunanya masih terbatas untuk anggota koperasi KDIM saja. Saat ini, KDIM mensyaratkan anggota untuk menyetor iuran pokok Rp 100.000 plus iuran wajib Rp 100.000 per bulan atau Rp 1,2 juta per tahun. Kedua jenis iuran itu dibayarkan langsung dimuka, lalu anggota akan mendapatkan sejumlah manfaat seperti pembagian sisa hasil usaha koperasi, mendapat ponsel Digicoop kelas pemula, dan lainnya.Ponsel tersebut merupakan kelas entry level, memiliki spesifikasi antara lain berupa layar 4,7 inci, prosesor quad-core 1,5 GHz, RAM 1 GB, kamera utama 5 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, memori penyimpanan internal 8 GB, Android 6.0 “Marshmallow”, mendukung jaringan 4G LTE, dual-SIM, dan baterai 1.800 MHz.

Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) ternyata menyiapkan tiga konsep smartphone Digicoop sekaligus. Salah satunya adalah ponsel kencang yang bakal dirancang memiliki RAM 6 GB.

Sumber: kompas,liputan6,vivanews,koperasidigital.id

http://stmik-im.ac.id/

http://www.stan-im.ac.id/

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.