Terlalu Lama Bermain Smartphone Dapat Merubah Struktur Otak

Terlalu Lama Bermain Smartphone Dapat Merubah Struktur Otak

Bandung – Di zaman serba digital ini, penggunaan gawai tidak lagi terbatas pada orang dewasa kini anak – anak pun menggunakan gawai dalam kegiatan sehari-hari. Tapi ada baiknya mulai mengatur waktu dalam memainkan smartphone. Itu dikarenakan menatap layar smartphone terlalu lama bisa mempengaruhi otakmu.

Sebuah penelitian yang didanai oleh National Institutes of Health (NIH), menemukan bahwa terlalu banyak waktu menatap layar smartphone dapat secara fisik mengubah struktur otak pada anak-anak.

Hasilnya, dari uji penelitan pertama itu ditunjukkan adanya penipisan prematur korteks otak, lapisan terluar otak yang fungsinya membantu memproses informasi.

“Kami tidak tahu apakah itu disebabkan oleh menatap layar. Kami tidak tahu apakah itu hal yang buruk. Kita akan mengikuti mereka dari waktu ke waktu sehingga kita akan melihat apakah ada hasil yang terkait dengan perbedaan yang kita lihat dalam hasil penelitian awal ini,” kata Dowling, seperti dilansir Bloomberg.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Diketahui, saat ini banyak remaja yang menghabiskan rata-rata empat setengah jam sehari untuk bermain smartphone.a

Hasil awal dari penelitian yang bernilai 300 juta dolar AS itu juga telah menentukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari untuk menatap layar smartphone memiliki skor lebih rendah pada tes berpikir dan bahasa.

Hasil studi dari penelitian tersebut dijadwalkan bakal dirilis pada awal 2019. Lewat studi tersebut, diharapkan masyarakat benar-benar mendapatkan pemahaman tentang bagaimana penggunaan perangkat digital dapat mempengaruhi otak, perkembangan emosi, dan kesehatan mental anak-anak. [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.