Tertarik CPNS? Kenali Passing Grade Test CPNS Kementerian ESDM Yuk

Tertarik CPNS? Kenali Passing Grade Test CPNS Kementerian ESDM Yuk

Bandung – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) pada tahun 2018. Rekrutmen CPNS tahun ini akan diprioritaskan untuk jabatan pendukung Nawacita (pembangunan infrastruktur dan ketahanan energi), seperti inspektur ketenagalistrikan, penyelidik bumi, analis program energi baru terbarukan, analis kegiatan usaha hilir minyak dan gas bumi. Namun, belum ada pengumuman yang disampaikan kementrian ESDM terkait formasi apa saja yang akan dibuka.

Proses seleksi CPNS tahun ini hanya melalui satu pintu pendaftaran, yaitu melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menggunakan Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Ada tiga tahapan seleksi dalam menentukan proses lolos tidaknya para pelamar menjadi CPNS Kementerian ESDM, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Setelah melewati seleksi administrasi, para pelamar akan menjalani SKD untuk diuji pada kemampuan di bidang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). SKD ini akan dilakukan dengan sistem online atau CAT (Computer Assisted Test).

Kementerian PAN RB sendiri telah menentapkan nilai ambang batas (passing grade) di masing-masing tes bagi jalur umum, yaitu 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK. Sementara, bagi jalur cumlaude dan diaspora, Kementerian PAN RB mematok nilai kumulatif SKD sebesar 298 dengan nilai TIU paling rendah 85, jalur penyandang disabilitas sebesar 260 dengan nilai TIU paling sedikit 70 dan jalur putra/putri Papua dan Papua Barat sebesar 260 dengan nilai minimum TIU yaitu 60.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Setelah dinyatakan lolos SKD, para pelamar masih diharuskan mengikuti satu tahap lagi, yaitu SKB. Khusus seleksi tahapan SKB CAT ini akan diselenggarakan oleh Kementerian ESDM bekerjasama dengan BKN (PPSR) kemudian untuk psikologi lanjutan akan bekerja sama dengan lembaga psikologi independen.

Untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar CPNS Kementerian ESDM, masyarakat dihimbau untuk mengikuti media sosial resmi Kementerian ESDM atau twitter @cpnskesdm . [wid]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.