Tes Jurusan Kuliah

Tes Jurusan Kuliah

Banyak calon mahasiswa yang masih tidak tahu harus masuk jurusan mana, tidak sedikit dari mereka yang memilih jurusan pilihan dari orang tua yang sebenarnya tidak cocok dengan minat atau bakat kita. salah satu cara yang bisa dilakukan calon mahasiswa untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat adalah dengan tes psikologi, dimana para calon mahasiswa akan mengikuti rangkaian tes minat dan bakat serta konseling karir. jangan anggap remeh tes seperti ini, karena menyangkut dengan masa depan. Lebih lengkapnya berikut penjelasan dari tes minat dan bakat.

Tes Minat dan Bakat
Tes minat dan bakat merupakan rangkaian atau proses pemeriksaan secara psikologis. Dimana proses ini mencakup pemeriksaan kemampuan umum, sikap dan cara kerja, minat, serta kepribadian individu yang bersangkutan. Untuk melakukan tes ini, anda harus berada dalam kondisi yang baik, agar psikolog dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki pada saat proses tes anda harus mengeluarkan kemampuan atau potensi diri dan membuka diri. biasanya dengan mencari tahu bidang aktivitas apa yang ingin didalami dan ditekuni . Dengan begitu, diketahui jurusan apa yang cocok kamu ambil sesuai dengan kemampuan dan karakteristik anda.
Dibawah ini beberapa tipe kepribadian, anda dapat mencocokkan kepribadian anda dan dapat menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kepribadianmu.

1. Tipe realistik
Kepribadian realistik lebih cenderung menyukai jenis lapangan kerja yang berorientasi pada penerapan. Dalam ilmu psikologi ciri dari realistik adalah: mempunyai koordinasi motorik yang kuat, mengutamakan kejantanan dan kekuatan otot, mempunyai kecakapan, ketrampilan fisik, konkrit, kurang memiliki kecakapan verbal, bekerja praktis, kurang peka dalam hubungan dengan orang lain dan kurang memiliki ketrampilan social. Orang dengan tipe kepribadian realistis selalu ditandai dengan tugas-tugas yang konkrit, fisik dan eksplisit dengan tantangan. Dan dalam memecahkan masalah secara efektif mereka umumnya memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, ketahanan tertentu dan gerakan.
Jurusan kuliah untuk tipe realistik, berikut pilihanya: pemograman, Ilmu komputer, matematika, teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, automotif, farmasi, pertanian dan perikanan.

2. Tipe intelektual
Untuk Orang dengan tipe intelektual/investigative, cocok dengan jenis pekerjaan yang bersifat akademik. Ciri dari tipe intelektual adalah memiliki kecenderungan untuk merenungkan suatu masalah daripada mengatasinya dan tidak sosial dan berorientasi pada tugas. Mereka menyenangi suatu tugas yang bersifat kabur, membutuhkan pemahaman, sikap yang tidak konvensional, memiliki nilai-nilai serta kegiatanya bersifat intraseptif. Sedang untuk Jurusan kuliah yang sesuai seperti: bidang Perangkat Lunak, Kimia, Fisika, Biologi, Gizi, Desain Periklanan, Ilmu Pasti Atau Eksakta, Krimonologi, Matematika.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

3. Tipe sosial
Kepribadian sosial tepat untuk lapangan pekerjaan yang sifatnya membantu. Ciri Tipe sosial adalah pandai berbicara dan bergaul, responsive, penuh bertanggung jawab, religius , berkecakapan verbal, lebih berorientasi pada perasaan, menjauhkan diri pada pemecahan masalah intelektual, hubungan antarpribadi. Ini adalah Orang yang suka berkomunikasi. Dilihat dari orientasi kerja dapat menimbulkan status dan harga diri. Dari hasil tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah jika pada tipe ini, maka pilihanya adalah: Komunikasi, Psikologi, Sosiologi, Bimbingan Konseling, Guru, dan Sekretaris.

4. Tipe konvensional
Tipe kepribadian konvensional suka pada ini pada angka yang teratur, menyenangi bahasa yang tersusun baik, senang mengabdi, menghindari situasi yang kabur, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaaan, memberi nilai yang tinggi pada materi dan status, mengadaptasikan dirinya dengab atasan untuk mencapai tujuan. Jurusan kuliah, maka pilihanya adalah: Administasi Progammer, Akuntansi dan Statistik Ekonomi.

5. Tipe enterprising
Ciri khas dari tipe enterprising diantaranya memiliki keterampilan berbicara dalam berbagai situasi bahkan dengan mudah mampu mempengaruhinya, mereka sangat mudah beradaptasi, punya perhatian besar pada kekuasaan, kepemimpinan dan status, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, dan agresif pada kegiatan lisan. Ciri lain dalam hal tugas, enterprising selalu menitikberatkan kepada kemampuan verbal yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain dan mengarahkannya. Jurusan kuliah adalah: Komunikasi, Manajemen, Marketing Komunikasi, Bisnis dan Hubungan Internasional.

6. Tipe artistik
Ciri dari orang bertipe artistik adalah cenderung berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, sukar menyesuaikan diri, dan bersifat sosial. Dilihat dari tugas maupun pekerjaan, dalam penyelesaian masalah mereka memerlukan kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa atau interpretasi, imajinasi dan perasaan. Secara umum, orang dengan tipe kepribadian artistik ini lebih menitikberatkan pada keadaan sekitar, menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, melakukanya dengan ekspresi diri dan keteraturan. Jurusan yang cocok adalah : jurusan sastra, seni, musik, drama.

Demikian artikel mengenai tes jurusan kuliah, semoga artikel ini dapat membantu pada calon mahasiswa yang akan mengikuti tes jurusan kuliah pada universitas yang diminati.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.