Tips Menggunakan Media Sosial Agar Bisa Sukses

Tips Menggunakan Media Sosial Agar Bisa Sukses

Media sosial telah menjadi salah satu sarana komunikasi populer yang mampu menghubungkan kita dengan orang lain. Selain sebagai sarana berkomunikasi, media sosial juga telah menjadi sarana untuk berekspresi dan melakukan berbagai hal dengan tujuan mendapatkan perhatian dari orang lain.

Terlepas dari banyaknya informasi dan fakta yang menyebutkan media sosial itu berbahaya, tanpa kita sadari, media sosial juga ternyata bisa membantu kita dalam membangun karier kita dan bahkan memiliki andil yang cukup besar dalam membuat seseorang sukses. Nah, agar kalian bisa lebih memahami manfaat media sosial terhadap karier kalian, simak ulasan 5 alasan kenapa media sosial bisa membantu kalian meraih kesuksesan.

1. Media Sosial Mempertemukan Kalian Dengan Banyak Orang

Sesuai namanya, media sosial merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan banyak orang tanpa terbatas oleh wilayah tempat tinggal. Kalian bisa berkenalan dengan banyak orang dari berbagai tempat melalui fitur profil yang disediakan berbagai aplikasi media sosial.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Nah, ketika kalian sudah mengenal banyak orang melalui media sosial, kalian bisa mulai memanfaatkan relasi kalian yang begitu banyak untuk membangun karier kalian. Entah itu dengan memasarkan produk buatan kalian ke relasi yang ada di media sosial atau meminta informasi terkait pekerjaan yang kalian butuhkan.

2. Belajar Dari Profesional Melalui Media Sosial

Untuk kalian yang baru saja akan memulai karier, media sosial bisa menjadi sarana yang tepat. Kalian bisa mencari orang-orang dengan pengalaman segudang yang mau mengajarkan kalian kiat-kiat kesuksesan. Kalian juga bisa meningkatkan kemampuan dengan belajar melalui berbagai forum belajar di media sosial. Entah belajar seputar pemrograman, belajar menjadi seorang penulis dari penulis yang sudah senior, dan masih banyak lagi.

3. Media Sosial Menyediakan Banyak Lapangan Kerja

Setelah belajar dari para profesional melalui media sosial, sekarang saatnya kalian mengimplementasikan pelajaran dan kemampuan yang sudah kalian latih dengan mencari pekerjaan melalui media sosial.

Hingga saat ini terdapat berbagai situs pencari kerja yang bisa kalian gunakan untuk mencari pekerjaan di seluruh dunia, tanpa perlu repot-repot mengantarkan lamaran langsung ke kantor perusahaan yang ingin kalian lamar. Tentunya dengan berbagai jenis pekerjaan yang bisa kalian pilih, sesuai minat dan kemampuan kalian.

4. Media Sosial Merupakan Saran Unjuk Kemampuan

Untuk kalian yang sedang mencari kerja dan belum mendapatkan pekerjaan, kalian bisa memanfatkan media sosial untuk menunjukkan kemampuan kalian pada perusahaan-perusahaan di bidang tertentu. Contohnya, dengan mengunggah karya kalian ke berbagai situs atau memamerkan kemampuan kalian melalui portofolio pada akun media sosial kalian. Dengan melakukan hal seperti itu, bukan tidak mungkin sewaktu-waktu akan ada perusahaan yang tertarik dengan karya dan kemampuan kalian, kemudian mempekerjakan kalian.

5. Media Sosial Mendekatkan Kalian Dengan Rekan Kerja

Dalam berkarier, selain faktor kemampuan dan kepribadian kita, ada faktor lain yang akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan dan karier kalian, yaitu hubungan yang baik dengan rekan kerja. Sudah banyak bukti yang memperlihatkan kalau seseorang akan sukses jika ia memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerjanya.

Nah, peran media sosial di sini adalah menghubungkan kalian dengan rekan kerja kalian walaupun sedang tidak bertatap muka. Terus-menerus berkomunikasi melalui media sosial dengan rekan kerja tentunya akan menciptakan keakraban yang dapat meningkatkan produktivitas dan mempermudah koordinasi kerja, yang berujung pada kesuksesan.

Sumber : JalanTikus

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.