Tips Metode Password Agar Aman Dari Hacker

Tips Metode Password Agar Aman Dari Hacker

Kecanggihan teknologi selain membantu manusia untuk mempermudah menjalani kehidupan tetapi ada orang-orang tertentu yang menggunakannya untuk melakukan tindakan kejahatan atau pun hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Dengan ilmu yang dimiliki, seorang hacker bisa melakukan peretas pada sebuah sistem atau pun website mereka bisa mencuri akun dan data-data pribadi seseorang.

Meskipun setiap akun terutama akun sosial media menggunakan password tetapi banyak kasus-kasus yang telah terbukti bahwa hanya dengan menerapkan password saja tidak cukup untuk mengamankan sebuah akun. Jika kita berbicara tentang keamanan sistem, semua sistem ataupun data yang ada diseluruh dunia tidak akan bisa menjamin bahwa sistem tersebut benar-benar aman “No System is Safe”.

Ibarat rumah, setiap rumah tentu memiliki pintu dimana jalan tersebut merupakan jalan keluar masuk penghuni rumah atau malah bisa juga digunakan oleh orang-orang yang berniat jahat. Tentu saja ini sangat berbahaya dan menjadi kekhawatiran terutama bagi orang-orang yang sering berinteraksi menggunakan teknologi digital misalnya melakukan transaksi digital melalui internet banking ataupun menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan teman sebaya.

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika akun perbankan digital anda diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Tentu semua uang yang ada dalam rekening bisa saja lenyap hanya dalam hitungan menit. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan 5 metode password paling sulit untuk dibobol oleh seorang hacker, bukannya tidak bisa dibobol tetapi dengan menggunakan metode ini mereka akan lebih sulit jika tidak memiliki ilmu yang cukup tinggi dalam dunia Hacking.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Saya sendiri sudah menerapkan 5 metode ini dan hasilnya semua akun yang saya gunakan dalam dunia digital tidak pernah ada yang berani mengusik. Jika anda ingin akun benar-benar aman terapkan semua metode password berikut ini.

1. Sertakan Angka, Huruf, dan Karakter
Metode pertama menggunakan angka, huruf, dan karakter pada password disetiap akun anda, apabila anda menggunakan metode ini kemungkinan besar pembobolan tidak akan berhasill dilakukan si peretas. Mengapa demikian? Ada beberapa metode yang biasanya dilakukan oleh para peretas untuk menemukan sebuah password.

Yang paling sering digunakan adalah metode Dictionary Attack, yaitu teknik mencoba semua kata yang berada dikamus dalam bentuk file, nah biasanya dalam kamus tersebut hanya tersedia kata-kata saja.

Oleh karena itu jika anda menggunakan password dengan kombinasi angka, huruf, dan karakter para peretas yang mencoba membobol akun anda akan pusing tujuh keliling. Contoh: j4k4r7a_1928

2. Sertakan Huruf Kecil dan Huruf Besar
Metode kedua dengan menggunakan kombinasi huruf kecil dan besar disetiap password anda, jika metode pertama terlalu rumit anda bisa menggunakan metode ini untuk membuat password yang kuat. Metode ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan password hanya huruf saja tanpa karakter dan angka.

Ada Beberapa situs yang mengharuskan penggunanya menggunakan password yang disertai huruf besar dan huruf kecil disetiap passwordnya.

Biasanya situs-situs tersebut merupakan situs yang memang memiliki kemanan cukup tinggi seperti situs perbankan ataupun yang lainnya. Contoh: rEzOT

3. Lebih Panjang Password, Maka akan Lebih Kuat
Panjang password juga mempengaruh tingkat kekuatannya untuk ditembus semakin panjang password yang anda gunakan maka semakin lama peretas menemukan rangkaian password.

Memang ada beberapa situs yang mengharuskan penggunanya menggunakan password hanya beberapa karakter saja tetapi jika anda menggunakan situs-situs populer seperti facebook tidak ada batasan seberapa panjang password yang anda gunakan

Password yang panjang dapat menangkal perestasan menggunakan metode Brute Force Attack, dimana metode ini melakukan serangan dengan brutal dan melakukan percobaan menggunakan password yang paling umum digunakan dan kemungkinan kombinasi huruf sebuah password.

Anda bisa menggunakan kejadian spesial dalam hidup anda untuk dijadikan sebuah password yang panjang agar lebih mudah diingat.

Contohnya “Pada tanggal 5 April 2017, saya berhasil mendapatkan penghargaan siswa terbaik di sekolah!”.

4. Jangan Gunakan Password Pasaran yang Mudah di Tebak
Biasanya password pasaran mengikuti kata-kata yang mudah ditebak atau mengikuti susunan kata pada keyboard contohnya qwerty, 123456789, football, monkey, dan lain sebagainya.

Itu merupakan password yang salah, dalam metode penyerangan Brute Force Attack dalam WorldList biasanya terdapat berbagai macam password pasaran seperti diatas, tentunya dengan metode ini hacker bisa mendapatkan password akun anda dengan mudah.

Jika memang anda ingin menggunakan password yang mudah diingat sertakan metode password no.1 supaya password anda kuat dan tidak mudah di serang menggunakan metode peretasan apapun.

5. Password harus Berbeda di Setiap Akun
Metode terakhir, gunakan password yang berbeda pada setiap akun yang anda miliki. Mengapa demikian? karena jika salah satu password anda berhasil diketahui oleh peretas akun yang lain pun tidak akan ikut diambil alih.

Utamakan kekuatan password email anda karena semua akun yang anda daftarkan menggunakan email akan masuk ke email tersebut contohnya seperti facebook.

Meskipun kita tidak tau password facebook seseorang jika kita dapat mengendalikan emailnya kita dapat mengubah passwordnya menggunakan email tersebut sesuka hati.

Ya, jika memang anda memiliki banyak akun untuk menggunakan metode ini tentu harus memiliki daya ingat yang cukup tetapi anda juga bisa menulisnya di ponsel anda atau ditulis dikertas dan simpan ditempat yang aman.

Itulah metode password yang paling sulit untuk ditembus oleh para peretas, jika anda ingin password menjadi sangat kuat gunakan semua metode diatas dijamin hacker bakal kewalahan dan menyerah untuk menembus akun anda.

Harap diingat bahwa penerapan password saja tidak cukup untuk mengamankan akun seseorang, aktivitas anda dalam berselancar di internet juga harus diperhatikan

Sumber : UCNews

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.