Wisata Sejarah di Pendopo Kota Bandung

Wisata Sejarah di Pendopo Kota Bandung

Pendopo Kota Bandung adalah saksi bisu perkembangan Bandung dari masa ke masa. Bangunan ini sudah kokoh berdiri lebih dari 2 abad. Sejak 25 Desember 2016 Wargi Bandung bisa berwisata sejarah ke dalam rumah dinas Wali Kota Bandung ini setiap Sabtu dan Minggu jam 09.00-12.00 dan 13.30-16.00 WIB.

Pendopo merupakan bangunan pemerintahan Bupati Bandung pada era kepimpinan RA Wiranatakusumah (1794-1829). Dibangun tahun 1811 dan selesai 1812, pendopo sangat identik kehadiran pohon caringin, karena merupakan gedung pemerintahan pertama yang menanam pohon beringin di halaman pendopo. Di sini Wargi Bandung bisa mengelilingi pendopo dengan luas lahan 18.984 m dengan luas bangunan utama 1.805,25 m, luas bangunan pendopo 470m, luas bangunan barat 175 m, luas bangunan timur 445 m, dan luas halaman 15.475 m.

Pendopo Kota Bandung merupakan kediaman Wali Kota Bandung yang sedang menjabat. Kini areanya penuh dengan taman, arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tak berdinding. Ada beberapa titik yang dapat dikunjungi para pengunjung, yaitu bagian depan ruang kenegaraan, lonceng VOC, taman pendopo, selasar pendopo yang di dalamnya berisi Gong Integritas Bangsa, dan Sketsel (pemisah ruangan yang terbuat dari kayu jati bermotif batik, kujang, dan gamelan sunda).

Syarat bisa berkunjung ke Pendopo Kota Bandung adalah berpakaian rapi dan sopan. Kemudian menunjukan KTP kepada petugas, setelah itu Wargi Bandung bisa bebas berkeliling di area pendopo. Oiya, yang membawa kendaraan tidak boleh parkir di area pendopo ya, alternatif parkir ada di basement Masjid Agung Bandung. Selamat berwisata sejarah
Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke wisata pendopo Kota Bandung…?

Sumber : Infobdg

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.