Serangan Siber yang Paling Merugikan Bisnis di Tahun 2021

Serangan Siber yang Paling Merugikan Bisnis di Tahun 2021

Serangan bisnis skala global mulai menjadi tren. Data bisnis biasanya didistribusikan di beberapa pihak ketiga termasuk penyedia layanan, mitra, pemasok, dan anak perusahaan.

Dengan demikian, organisasi perlu mempertimbangkan tidak hanya risiko keamanan siber yang memengaruhi internal infrastruktur TI mereka, tetapi juga risiko yang berpotensi datang dari pihak luar.

Menurut survei, sepertiga (32 persen) organisasi besar mengalami serangan siber yang melibatkan data yang dibagikan dengan pemasok. Jumlah ini tidak berubah secara signifikan sejak laporan 2020 diterbitkan (33 persen).

Jenis serangan lainnya menunjukkan kerugian finansial yang lebih rendah termasuk kerugian fisik perangkat milik perusahaan (USD1,3 juta), serangan cryptomining (USD1,3 juta) dan penggunaan sumber daya TI yang tidak tepat oleh karyawan (USD1,3 juta).

Dalam hal peringkat, ini juga mengalami perubahan dan menunjukkan bagaimana pandemi telah mengubah lanskap keamanan siber bagi bisnis.

Kerugikan finansial rata-rata dari setiap serangan juga menurun sebagai hasilnya. Ini menunjukkan penurunan 15 persen yang signifikan dibandingkan dengan hasil tahun lalu, yaitu USD927 ribu pada tahun 2021 versus USD1,09 juta pada tahun 2020. Tahun ini bahkan lebih rendah dari angka di tahun 2017 (USD992 ribu).

Alasan yang mungkin di balik ini adalah bahwa sebelumnya investasi dalam tindakan pencegahan dan mitigasi berjalan dengan baik untuk bisnis. Atau, biaya rata-rata mungkin dipengaruhi oleh fakta bahwa perusahaan cenderung tidak melaporkan pelanggaran data tahun ini.

Perusahaan yang rentan secara finansial mungkin enggan untuk meluangkan waktu dan biaya untuk penyelidikan kriminal atau risiko kerusakan reputasi jika pelanggaran diketahui oleh publik.

“Dampak yang merugikan dari serangan keamanan siber menyoroti bahwa penting bagi organisasi untuk mengetahui risiko pelanggaran yang melibatkan data bersama dengan pemasok, ketika mengevaluasi kebutuhan keamanan siber untuk bisnis.”

“Pandemi telah mengubah lanskap ancaman dan organisasi harus siap beradaptasi dengannya. Perusahaan harus melakukan penilaian terhadap pemasok berdasarkan jenis pekerjaan yang mereka lakukan dan kompleksitas akses yang mereka terima (apakah mereka berurusan dengan data dan infrastruktur sensitif atau tidak), dan menerapkan persyaratan keamanan yang sesuai.”

“Perusahaan harus memastikan bahwa mereka hanya berbagi data dengan pihak ketiga yang andal dan memperketat persyaratan keamanan yang ada kepada pemasok. Dalam hal transfer data atau informasi sensitif, ini berarti bahwa semua dokumentasi dan sertifikasi (seperti SOC 2) harus diminta dari pemasok untuk mengonfirmasi bahwa mereka dapat bekerja pada tingkat tersebut.”

“Dalam kasus yang sangat sensitif, kami juga menyarankan untuk melakukan audit kepatuhan awal terhadap pemasok sebelum menandatangani kontrak apa pun,” komentar Evgeniya Naumova, Executive VP, Corporate Business di Kaspersky.

Untuk meminimalkan risiko serangan dan pelanggaran data pada bisnis, perlindungan titik akhir yang efektif dengan deteksi ancaman dan kemampuan respons harus digunakan. Selain itu, layanan perlindungan terkelola akan membantu organisasi dengan dukungan investigasi serangan dan respons ahli.


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.