Sirclo Group Bantu Digitalisasi Usaha Warung Binaan BAZNAS

Sirclo Group Bantu Digitalisasi Usaha Warung Binaan BAZNAS

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjalin kemitraan strategis dengan Sirclo Group, dalam memperluas cakupan dan mempercepat pertumbuhan usaha warung Zmart binaan.
 
Zmart merupakan program pemberdayaan BAZNAS ekonomi dalam bentuk pengembangan warung/toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.
 
Kerja sama yang terjalin antara BAZNAS dan Sirclo Group melalui Warung Pintar adalah dengan memfasilitasi digitalisasi penerima manfaat warung untuk proses kulakan, pencatatan usaha, dan peningkatan literasi.
 
Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pemilik warung untuk diberikan pendampingan digitalisasi hingga bantuan modal usaha,” kata Agung Bezharie, CEO New Retail Enablement Sirclo dan Co-Founder Warung Pintar.
 
“Ke depannya, kami juga akan memastikan solusi digital Warung Pintar dapat membuat proses penyaluran dan pemantauan dampak paska program menjadi lebih efektif dan efisien.”
 
Untuk mempermudah pemantauan keberlanjutan usaha dari penerima manfaat warung pasca penyaluran bantuan, Warung Pintar memfasilitasi dashboard yang terdiri dari rekap nilai dan frekuensi belanja per bulan dari masing-masing penerima manfaat, sehingga BAZNAS dapat melihat secara transparan perkembangan usaha penerima manfaat warung.
 
Aplikasi Sales Pintar dari Warung Pintar juga dimanfaatkan dalam penyaluran bantuan ini, yakni untuk memetakan rute warung yang harus dikunjungi, menyampaikan materi pendampingan, melakukan survei sampai mengetahui durasi pendampingan. Data yang terkumpul dapat menjadi insight demi pengembangan program ke depannya.
 
Saat ini, hampir 150 penerima manfaat telah mendapatkan bantuan dari BAZNAS sejak akhir tahun 2021 yang tersebar di hampir 10 kota/kabupaten dengan total bantuan yang telah terdistribusikan sebesar 500 juta rupiah.
 
BAZNAS menilai solusi digital yang ditawarkan Sirclo Group sangat relevan dengan kebutuhan warung binaan Zmart, terutama dalam jaminan ketersediaan barang dagangan dari Warung Pintar yang rata-rata mencapai 90 persen per bulan.
 
Sejak tahun 2016, BAZNAS meluncurkan Zmart yang merupakan program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung atau toko yang dimiliki mustahik skala mikro dan kecil dan sejak tahun 2020 telah menginisiasi kerja sama dengan Warung Pintar.


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.