Ecommerce Lokal Pimpin Pasar Indonesia

Ecommerce Lokal Pimpin Pasar Indonesia

Ecommerce menjadi ranah bisnis menggiurkan di pasar Indonesia, mengingat saat ini kesadaran masyarakat terhadap platform belanja online ini kian besar. Minat masyarakat terhadap gaya belanja ini turut mendapuk Indonesia sebagai negara penggiat ecommerce di Asia Tenggara.

Selama tahun 2018, Indonesia menjadi negara dengan transaksi ecommerce terbesar di Asia Tenggara, mencapai 50 persen dari total transaksi regional. Sementara itu pada tahun 2019, transaksi ecommerce Indonesia mengalami peningkatan hingga 300 persen tercatat pada momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di kuartal kedua.

Menurut laporan App Annie, Tokopedia, Bukalapak dan Blibli masih masuk dalam daftar lima besar ecommerce lokal, dengan jumlah rata-rata pengunjung bulanan terbanyak. Tokopedia dilaporkan menempati peringkat pertama dengan jumlah kunjungan web bulanan sebesar 140.414.500.

Posisi ini ditempati Tokopedia sejak kuartal dua 2018 hingga kuartal dua tahun 2019 ini. Sementara itu, Bukalapak mencatat jumlah kunjungan web bulanan sebesar 89.765.000 pada kuartal dua 2019, menurun sebesar 22 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Penurunan jumlah ini menyebabkan Bukalapak harus lengser dari peringkat kedua ke peringkat ketiga. Di sisi lain, Blibli mencatatkan jumlah kunjungan web bulanan mengalami peningkatan sebesar 31 persen jika dibandingkan dengan Q2 2018, meski masih menempatkannya di posisi kelima pada daftar tersebut.

Sementara itu, Shopee menggantikan Bukalapak dan menduduki peringkat kedua pada daftar lima besar ecommerce lokal, setelah berhasil meningkatkan transaksinya pada bulan Ramadan lalu, sebesar 300 persen.

Peningkatan Shopee ini didorong oleh peningkatan transaksi di kategori kecantikan dan busana muslim. Selain itu, peningkatan ini juga didorong oleh kehadiran fitur Shopee Live, memungkinkan pelanggan berbelanja secara langsung via situs dan aplikasi.

Fitur ini juga disebut berpotensi meningkatkan kunjungan situs bulanan Shopee dan peningkatan jumlah transaksi secara signifikan sebesar 75 persen. Tidak hanya soal transaksi, Shopee juga menjadi ecommerce dengan jumlah unduh aplikasi terbanyak selama kuartal dua tahun 2019.

Laporan yang sama juga menyebut bahwa Tokopedia dan Bukalapak berada di daftar tiga besar aplikasi ecommerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di Indonesia. Hal ini turut didorong oleh penawaran program jualan dalam frekuensi sering dari kedua ecommerce tersebut pada bulan Ramadan dan lebaran di bulan Juni lalu.


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.