Ini Jalur Alternatif Menuju Bandung

Ke mana Anda akan berlibur pada akhir pekan panjang peringatan Hari Buruh, Senin, 1 Mei 2017 ini? Jika Anda akan berlibur ke Bandung, simak jalur alternatif menuju Bandung untuk menghindari macet. Kemacetan selalu terjadi pada libur panjang. Antrean kendaraan yang akan masuk ke Bandung sudah terjadi sejak Tol Cikampek hingga Cipularang. Gerbang tol Pasteur menjadi langganan macet setiap liburan.

Mayoritas kendaraan pribadi, khususnya mobil, yang ingin ke bandung cenderung menjadikan gerbang tol Pasteur sebagai pintu masuk. Hal ini kerap menyebabkan panjangnya antrian kendaraan karena jumlah kendaraan yang membeludak. Padahal, masih banyak pintu tol lain yang bisa jadi jalur alternatif menuju Bandung dan sekitarnya.

Gerbang Tol Pasirkoja
Sebelum memilih pintu keluar tol mana yang akan digunakan, sebaiknya putuskan terlebih dahulu tujuan Anda. Jika Anda ingin wisata belanja ke Pasar Baru, jalan-jalan di Alun-Alun kota Bandung, atau melihat-lihat kota tua di sekitar Jalan Asia-Afrika dan Braga, Anda bisa keluar dari Gerbang Tol Pasir Koja.

Pintu keluar Pasirkoja terhubung dengan Jalan Soekarno-Hatta. Jalan lurus sepanjang 18 kilometer yang membentang dari Cibiru hingga Elang. Jalan ini memotong beberapa jalan seperti Jalan Buahbatu, Jalan Moh Toha, Jalan Kopo, dan Jalan Kiaracondong.
Akses Pasirkoja dekat dengan Terminal Leuwi Panjang dan pusat kerajinan sepatu Cibaduyut. Jika ingin langsung ke pusat kota, Anda bisa melewati persimpangan Jalan Soekarno Hatta menuju Jalan Jamika melalui Pagarsih dan Astana Anyar. Sementara jika akan ke Pasar Baru, Anda tinggal lurus dari Jamika hingga Jalan Pungkur. Jarak dari gerbang tol ke Pasar Baru sekitar 6,5 kilo meter.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp

Rute ini juga digunakan untuk menuju Alun-alun Kota Bandung dan berwisata ke kota tua di sekitar Asia-Afrika dan Braga.

Gerbang Tol Kopo
Jika ingin berwisata ke Bandung Selatan seperti Ciwidey, Kawah Putih, Rancaupas dan sekitarnya, Anda tak perlu repot keluar tol Pasteur. Keluarlah di gerbang tol Kopo.

Keluar dari gerbang Anda belok ke kanan ke arah selatan masuk ke Jalan Raya Kopo.
Gerbang Tol Buahbatu
Gerbang tol Buahbatu merupakan salah satu akses yang mudah menuju pusat kota Bandung. Keluar gerbang tol, belok kiri untuk masuk ke Jalan Terusan Buahbatu. Lurus terus melewati perempatan Jalan Soekarno Hatta menuju Jalan Buahbatu.

Akses ini bisa digunakan jika ingin berbelanja di berbagai factory outlet di kawasan Jalan L.L.R.E Martadinata (Jalan Riau), juga ke Trans Studio Bandung

Tol Cipali
Jika Anda ingin berwisata ke pemandian air panas di Subang atau berwisata ke Lembang, bisa juga menggunakan Tol Cipali keluar di gerbang tol Subang.

Keluar dari pintu tol Anda tinggal mengikuti Jalan Otoiskandardinata untuk terus ke Jalan Raya Cijambe hingga Jalan Raya Cagak-Subang. Di bundaran Cagak, belok kanan sejauh 3 kilometer. Lalu belok kiri untuk masuk ke Jalan Palasari Dua dan terus saja hingga memasuki daerah Ciater dan Lembang.

Jalur Puncak
Sejak Tol Cipularang beroperasi, jalur Puncak ditinggalkan pengguna jalan yang akan ke Bandung. Sehingga jalur ini tak sepadat di tol. Jika Anda memulai perjalanan sebelum hari libur, Anda bisa menggunakan jalan ini sebagai jalur alternatif menuju Bandung untuk menghindari kemacetan di jalan tol.

Hindari jalur ini pada hari libur, sebab akan penuh dengan wisatawan yang akan berlibur ke Puncak, Bogor. Lalu lintas di sana biasanya berlaku sisem buka tutup. Jika ingin menggunakan akses ini, pastikan jalur tak sedang ditutup.

Anda bisa pergi sehari sebelum liburan jika ingin melewati daerah ini dengan nyaman. Selain tidak begitu macet, pemandangan di Puncak pun dapat menjadi nilai tambah dalam perjalanan Anda.

Sumber : PikiranRakyat

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.