Fitur Terbaru YouTube yang Disebut “Dark Mode”

Fitur Terbaru YouTube yang Disebut “Dark Mode”

Pada era Digital ini siapa yang tidak menggunakan aplikasi YouTube? Bahkan anak kecil dan remaja pun sudah mengenal dan menggunakan Youtube pada masing-masing smartphonenya. Aplikasi yang satu ini bisa dikatakan dapat mengalahkan Televisi yang biasanya digunakan untuk hiburan dan menonton berita. Penggunaan YouTube oleh anak-anak dan remaja ini memang sering diluar pengawasan orangtua sehingga ditakutkan juga dapat mengganggu kesehatan mereka jika terlalu lama menggunakan smartphone unuk menonon YouTube.

Tetapi, Dark mode atau tampilan gelap YouTube kini telah hadir untuk seluruh pengguna ponsel. Pada Maret lalu, YouTube merilis dark mode hanya untuk pengguna perangkat mobile Apple.

Kini pengguna smartphoe Android pun dapat menikmati tampilan gelap ini. Dilansir dari The Verge, sejak dark mode YouTube diluncurkan ke versi dekstop pada tahun lalu, pengguna smartphone di seluruh dunia meminta agar mode tersebut dapat digunakan di aplikasi Youtube.

Fitur dark mode ini sudah apat digunakan sejak tanggal 28 Juli lalu. Sayangnya, pengguna android Indonesia harus kecewa dikarenakan fitur ini masih belum digunakan hingga hari ini (30/7/18).

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Pengguna aplikasi YouTube bisa mengatur dark mode ini melalui pengaturan. Pengguna harus mengklik foto pengguna yang berada di pojok kanan atas, kemudian memilih “General“. Fitur dark mode tersebut dinamakan “dark theme,” fitur ini berada di antara pilihan “Remind me to take break” dan “Limit mobile data usage“.

Sangat disayangkan sekali mengingat Youtube merupakan anak perusahaan Google, tetapi dark mode dikabarkan lebih awal diluncurkan untuk pengguna Apple. Padahal app store pengguna android adalah Google Playstore.

Jika ditimbang kembali, seharusnya Google lebih mendahulukan fitur-fitur terbaru dari Youtube untuk diterapkan di Android yang mengunduh langsung dari Google Playstore. Fitur Dark mode ini dapat mencegah cahaya berlebihan dari layar smartphone yang merusak jam biologis tubuh (ritme sirkadian). Cahaya dari smartphone juga sangat mengganggu mata dengan adanya blue light.

Jam biologis tubuh sangatlah penting dalam hal mengatur siklus istirahat-bekerja, siang-malam, mempengaruhi pola tidur, serta pelepasan hormon dan bahkan suhu tubuh.

Dark mode dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah perusakan jam biologis tubuh yang dapat menangkal beragam penyakit dan gangguan kesehatan mulai dari rasa kesepian, depresi berat, dan gangguan bipolar.

[GP]

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180730141953-185-318089/cegah-cahaya-berlebihan-youtube-siapkan-mode-gelap


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.