Eranya IoT, Mesin Cuci dan Kulkas Bisa Saling Terkoneksi

Eranya IoT, Mesin Cuci dan Kulkas Bisa Saling Terkoneksi

Produsen elektronik terbesar Samsung Electronics memamerkan inovasi terbaru pada gelaran Samsung Forum Asia Tenggara dan Oseania 2019 di Singapura, Senin (25/3). Pada kesempatan tersebut, Samsung juga menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas.

Sebelumnya, Samsung telah meluncurkan TV 8K QLED perdananya yang dijual dengan harga fantastis. Jajaran TV pintar tersebut bahkan telah dipastikan masuk pasar Indonesia pada April dan Mei mendatang.

Selain TV QLED beresolusi 8K yang diungkap Samsung dan menjadi perangkat paling menonjol di gelaran tersebut, Samsung juga mengungkap perangkat elektronik konsumen lainnya. Dia adalah mesin cuci dan refrigerator alias kulkas yang juga tak kalah pintar.

Kulkas dari Samsung yang diungkap di Samsung Forum 2019 ini membawa teknologi Family Hub. Sebuah platform terkoneksi yang memungkinkan kulkas terhubung dengan perangkat lainnya berbasis jaringan WiFi dan internet.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Kulkas terbaru ini dilengkapi dengan layar sentuh. Dengan begitu, lemari es ini diklaim memiliki peningkatan kemampuan kecerdasan buatan untuk segala kebutuhan. Untuk menambah fungsi entertainment, kulkas juga dilengkapi dengan speaker built-in yang memungkinkan pengguna untuk semakin betah berlama-lama di dapur.

Family Hub 2019 yang hadir di lemari es terbaru Samsung itu juga diklaim berbeda dari generasi sebelumnya. Kulkas teranyar itu telah mendapat dukungan asisten pintar Bixby teranyar yang memungkinkan Family Hub lebih pintar, mudah, dan personal karena digunakan hanya menggunakan perintah suara.

Pengguna dapat meminta Bixby menyampaikan apa pun. Kebutuhan memasak dan persiapan pagi hari sembari menyiapkan sarapan untuk anak-anak juga bisa dilakukan. Memajang foto, memutar lagu, video resep makanan, cuaca hari ini, dan berita ter-update bisa ditampilkan dalam layar di kulkas tersebut.

Selain kulkas, perangkat mesin cuci QuikDrive WW7800M yang IoT-ready juga dihadirkan. Sama seperti kulkas dan perangkat terkoneksi Samsung lainnya, home appliances itu juga hadir bersama asisten pencucian bertenaga AI bernama Q-rator yang menyediakan tiga fitur pintar utama untuk membantu mengelola pencucian agar lebih nyaman.

Adapun fitur tersebut adalah Laundry Planner memungkinkan konsumen untuk mengatur waktu penyelesaian pencucian, sehingga konsumen dapat lebih bebas dalam mengatur jadwal mereka. Laundry Recipe mampu memberikan rekomendasi otomatis untuk siklus pencucian yang optimal berdasarkan informasi yang diberikan oleh pengguna, seperti warna, jenis kain, dan tingkat kekotoran.

Fitur lainnya juga ada HomeCare Wizard untuk memantau mesin cuci walaupun dari jauh. Fitur ini secara proaktif memberi tahu pengguna tentang potensi masalah dan memberikan dukungan solusi cepat. Sebagai perangkat pintar, mesin cuci juga dapat terhubung dengan perangkat lainnya semisal TV atau kulkas. Sehingga, penggunanya bisa melakukan banyak hal di rumah sambil memantau cucian atau memasak sekaligus.

Untuk mesin cuci dan kulkas pintar terbaru, pihak Samsung Indonesia sayangnya masih belum dapat memastikan apakah perangkat tersebut akan hadir di Indonesia atau tidak. Pihaknya beralasan masih harus melihat potensi pasar dan infrastruktur lain sebagai pendukung perangkat yang saling terhubung itu. [dEe]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.