Mengetik Lebih Cepat di Ponsel Dengan Voice Typing

Mengetik Lebih Cepat di Ponsel Dengan Voice Typing

Vivo telah mengadopsi teknologi voice typing. Vendor ponsel cerdas asal China tersebut mengumumkan telah memasangkan fitur voice typing di salah satu produk mereka andalan mereka V5s.

Fitur voice typing ini diklaim mampu menangkap kata secara akurat. Waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan pun disebut lebih singkat. “Pada Vivo smartphone, fitur voice typing ini mampu menghasilkan kata yang akurat sesuai dengan kata verbal yang diucapkan,” tulis Vivo dalam siaran pers mereka, Selasa (11/7).

Fitur voice typing sejatinya sudah lama muncul di ponsel pintar lainnya. Ponsel berbasis Android dan iPhone pada umumnya sudah jamak mengusung fitur tersebut.

Lebih cepat

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Voice typing memang bisa membuat mengetik teks jadi lebih praktis. Tak perlu memencet tiap huruf untuk membuat kalimat. Fitur ini juga bisa meminimalkan kesalahan ketik (typo). Lainnya, lebih aman membalas pesan saat Anda sedang berkendara.

Vivo menyebut fitur baru ini bisa dipakai di sejumlah aplikasi berbasis pesan instan seperti WhatsApp, Line, BBM, WeChat, hingga SMS.

Untuk menggunakan voice typing, pengguna tinggal menekan tombol spasi untuk berbicara. Hasil rekaman suara lantas diubah ke dalam bentuk teks. Saat CNNIndonesia.com coba, pengenalan kata dalam bahasa Indonesia cukup baik. Voice typing ini juga mampu mengenali jeda suara, sehingga hasil teks langsung berspasi.

Mengetik tombol spasi untuk berbicara sebenarnya mirip dengan cara kerja Google Gboard. Vivo pun mengakui bahwa fitur ini adalah adopsi dari kibor besutan Google tersebut.

“Ini fitur memang dari Google Gboard,” tulis Elisabeth Fransisca, PR Specialist PT. Vivo Mobile Indonesia.

Google Gboard sendiri bisa diunduh bebas di Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS.

Sumber : Tempo

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.