Tips Agar Uang Anda Lebih Produktif

Tips Agar Uang Anda Lebih Produktif

Memiliki penghasilan dengan jumlah lumayan adalah hal yang perlu disyukuri. Namun, memiliki penghasilan lumayan tanpa memikirkan bagaimana supaya penghasilan tersebut dapat lebih produktif, hanya akan membuat nilai aset Anda stagnan. Mengapa uang perlu kita dorong supaya lebih produktif? Tidak lain adalah karena ada hantu inflasi yang bisa menjatuhkan nilai uang Anda dengan cepat tanpa terasa.

Penurunan nilai uang akan membuat gaji Anda yang tampak besar saat ini menjadi kecil hanya dalam beberapa tahun saja. Faktanya, laju inflasi biasanya jauh lebih cepat dibandingkan tingkat kenaikan gaji atau penghasilan. Nah, Anda bisa menimbang untuk melakukan 4 langkah ini agar penghasilan yang Anda miliki saat ini bisa lebih produktif, sebagaimana disarikan Halomoney.co.id dari berbagai sumber:

1. Berinvestasi

Cara mudah mengalahkan inflasi adalah dengan menempatkan uang yang kita miliki dalam sebuah produk investasi dengan imbal hasil di atas inflasi. Katakan saat ini inflasi rata-rata 5 persen-10 persen per tahun, maka Anda perlu memulai investasi di sebuah produk yang cocok dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda dengan imbal hasil rata-rata di atas 10 persen per tahun.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

2. Mulai merintis usaha

Merintis usaha bisa menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan produktivitas uang. Putar uang yang Anda miliki dalam sebuah bisnis yang prospektif, Anda akan dapat lebih mudah mengalahkan laju inflasi dengan mencetak keuntungan. Sebuah bisnis bermodal di bawah Rp 10 juta seperti bisnis katering, bisnis online perlengkapan pakaian, bisa mengantar Anda mencetak untung minimal 20 persen-30 persen.

3. Menyicil properti

Banyak orang akan sepakat, investasi dalam properti sangatlah menjanjikan dalam jangka panjang. Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari bank seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk memulai membangun aset dalam properti. Anggaplah cicilan yang Anda bayarkan itu sebagai nilai tabungan. Anda bisa memanfaatkan dana yang Anda miliki saat ini sebagai uang muka. Manfaatkan juga aturan uang muka pembelian properti saat ini yang tergolong murah.

4. Sekolah lagi

Jangan biarkan uang Anda menganggur tanpa tujuan. Manfaatkan sebagian untuk membiayai investasi Anda dalam mengembangkan kemampuan atau keahlian. Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mengikuti kursus yang mendukung kemampuan teknis profesional Anda, bisa membuat uang Anda lebih produktif dan bermanfaat dalam jangka panjang.

Sumber

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.