Tips Berhemat yang Wajib Kamu Ketahui

Tips Berhemat yang Wajib Kamu Ketahui

Hidup hemat selalu diidentikkan dengan kekayaan. Pasalnya, hemat pangkal kaya adalah dasar yang kuat mengapa kita, sebagai makhluk ekonomi harus menjalankan pola hidup yang hemat. Banyak orang membuktikan bahwa mereka berhasil menyimpan lebih banyak uang, setelah mereka bisa berhemat setiap bulannya. Kebutuhan hidup yang semakin bertambah dan harga yang semakin tinggi juga masih bisa diatasi, jika kita hidup dengan hemat. Ketika berencana untuk membuka usaha di masa depan juga bisa terjadi, jika kita lebih banyak berhemat dan menyisihkan uang tabungan dengan lebih banyak.

Hemat tidak saja untuk diucapkan dan didengar, tapi harus mulai dijalankan, dari diri sendiri, hingga ke keluarga tercinta. Anda ingin bisa berhemat dengan cara yang sederhana? Berikut ini ada 10 tips hemat secara sederhana yang bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari seperti dikutip dari Cermati.com

1. Manfaatkan Transportasi Publik

Anda terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil sendiri untuk pergi ke kampus atau kantor? Sebaiknya Anda mengubah kebiasaan ini, dengan mulai memanfaatkan transportasi publik.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

Biaya angkutan umum atau bis kota yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan biaya untuk bahan bakar, akan membuat keadaan keuangan menjadi lebih hemat. Jadi manfaatkan fasilitas ini, selain lebih berbaur dengan orang lainya, transportasi umum juga cukup murah.

2. Membuat Bekal Makan Siang Sendiri

Nah, ini adalah ide hemat untuk Anda yang terbiasa makan siang di luar rumah, terlebih yang sering makan siang di restoran atau kafe di kota-kota besar. Berapa uang makan yang dihabiskan setiap harinya, jika selalu makan di tempat yang mewah? Sementara tanggal gajian masih cukup lama. Belajarlah untuk lebih hemat, dengan membawa bekal makan siang sendiri.

3. Membuat Anggaran Belanja

Buat anggaran belanja setiap hari, hingga setiap bulanya. Ini akan bisa membantu Anda mengontrol pengeluaran biaya yang keluar masuk dompet Anda. Jangan lupa untuk menjadikan kebutuhan sebagai prioritas utama dan kesampingkan keinginan.

4. Mengatur Biaya Smartphone

Saat ini, hampir semua orang memiliki gadget canggih, yang tentunya memerlukan pulsa, baik untuk komunikasi maupun untuk menjelajahi internet. Cobalah untuk membeli pulsa sesuai keperluan.

Jangan sering melakukan searching di Youtube, atau sering membuka sosial media yang banyak menampilkan gambar, karena ini akan membuat habis kuota internet Anda. Ikuti paket hemat yang ditawarkan masing-masing operator seluler Anda.

5. Membuat Kopi Juga Sendiri

Membuat kopi tentunya tidak terlalu sulit, hampir semua orang bisa membuatnya sendiri. Jika memang begitu, mengapa kita boleh harus terlalu sering memberi kopi dan aneka minuman kopi lainya, di sebuah restoran asing yang cukup mahal itu?

Sebaiknya buat kopi sendiri. Jasanya Anda bisa pilih sesuai selera, proses membuatnya juga begitu mudah.

6. Setop TV Berlangganan

TV Berlangganan harus dihentikan, jika Anda ingin hidup lebih hemat. Saluran TV berlangganan memang bagus dan tanpa kerusakan. Namun, TV langganan cenderung memberikan paket yang harganya cukup tinggi untuk chanel televisi.

Sebaiknya, Anda berhenti berlangganan TV ini, jika memang sudah tidak ada lagi yang menonton TV langganan ini.

7. Mengubah Jadwal Kumpul

Ini khusus untuk anak muda gaul yang memang memiliki hobi nongkrong di kafe. Untuk lebih hemat, mungkin Anda bisa mengurangi jadwal nongkrong ini. Jika biasanya 2-3 kali seminggu, bisa jadi seminggu sekali bahkan sebulan sekali.

8. Mencari Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

Memiliki kartu kredit, tidak masalah jika Anda memang memerlukannya. Carilah kartu kredit yangs sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Kartu kredit yang berlogo Visa, dapat dilakukan untuk transaksi di seluruh dunia.

9. Belanja di Beberapa Toko

Jika sedang berbelanja, jangan terpacu pada satu toko saja. Cobalah berkeliling untuk membandingkan harga dari satu ke toko lain. Alternatifnya, berbelanjalah dari toko satu ke toko lainya. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan harga dengan seksama.

10. Kurangi Konsumtif

Sikap konsumtif adalah sikap yang berlebihan terhadap suatu produk atau jasa yang tentunya akan membuat upaya hemat kita gagal. Maksimalkan Hidup Hemat Jika Ingin Sehat dan Bahagia. Menjalankan pola hidup hemat tidak hanya harus dilakukan untuk terciptanya keuangan yang sehat. Bisa berhemat dengan maksimal juga akan membuat hidup lebih bahagia. Cobalah berhemat dari hal-hal kecil terlebih dulu, jika sudah terbiasa, Anda akan bisa berhemat kapan saja dan di mana saja, terlebih saat akan berbelanja

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.