Tips Menghindari Kejahatan Cyber Menggunakan Wifi Umum

Tips Menghindari Kejahatan Cyber Menggunakan Wifi Umum

Hati-hati nih kejahatan cyber ternyata bisa mengancam lho, saat kamu pakai Wi-Fi umum. Apa pun yang kamu akses dari laptop maupun smartphone menggunakan Wi-Fi umum, kemungkinan besar kini bisa ‘diintip’ hacker lho. Banyak kasus cyber yang berujung saldo di rekening bank tersedot atau bahkan menggunakan kartu kredit kita tanpa diketahui. Nggak hanya itu, informasi pribadi kita juga bisa diakses oleh hacker untuk mendapatkan keuntungan. Serem ya?

Nah, perusahaan keamanan cyber terkemuka di dunia, Symantec Corporation mengungkapkan kalau sebenarnya hacker bisa menyadap serta meretas informasi hanya lewat jaringan Wi-Fi. Biar aman saat berinternet gratis dengan Wi-Fi umum, kamu harus tahu tipsnya dong. Berikut tips aman berinternet gratis dengan koneksi Wi-Fi umum seperti dilansir dari Norton by Symantec.

1. Jangan connect Wi-Fi secara otomatis.

Biasanya, laptop atau smartphone kita selalu secara otomatis menyambung dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Nah, yuk mulai sekarang atur gadgetmu biar nggak tersambung secara otomatis dengan jaringan Wi-Fi umum.

Informasi PMB Pendaftaran Online Login Pendaftar
  Chat Kami via WhatsApp  

2. Gunakan Wi-Fi legal.

Saat sedang berinternet, pastikan menggunakan Wi-Fi yang legal. Memang sih harus tahu passwordnya dulu, tapi kan malah aman saat berinternet. Lebih baik gunakan Wi-Fi legal daripada risiko menjadi korban kejahatan cyber. Ya nggak?

3. Jangan tinggalin gadget.

Saat sedang di kafe, ada baiknya kamu nggak meninggalkan laptop atau smartphone meski sebentar. Selain bisa diakses hacker, barang-barangmu juga bisa hilang.

Ada baiknya kalau memang kepepet banget, titip dengan pekerja kafe atau di kasir dan gadget dalam keadaan sleep atau mati.

4. Jangan akses M-Banking di tempat umum.

Kalau kamu memang hobi belanja online, ada baiknya nggak menggunakan Wi-Fi umum saat akan membayar dengan M-Banking. Lebih amannya, saat ingin mengakses M-Banking gunakan internet sendiri, setelah selesai transaksi baru gunakan Wi-Fi umum kembali.

5. Tetap jaga rahasia.

Kalau kamu tetap ingin nggak mau diketahui apa yang sedang diakses, jangan gunakan Wi-Fi gratis di tempat umum. Orang yang memberikan akses Wi-Fi gratis juga bisa melihat apa yang kamu akses lho.

6. Matikan fitur File Sharing.

Mulai yuk untuk nggak menyimpan data-data pribadi yang sensitif di dalam laptopmu. Data-datamu bisa diakses dengan menggunakan fitur File Sharing yang tersedia pada pengaturan jaringan internetmu lho. Jangan lupa dimatikan fitur ini ya, saat sedang berinternet dengan Wi-Fi umum.

7. Bijaksana dan kurangi gunakan Wi-Fi umum.

Kalau memang paket internetmu sedang habis, nggak usah terlalu memaksa untuk internetan dengan fasilitas Wi-Fi umum. Ada banyak kejahatan yang sedang mengintaimu lho. Kadang-kadang saat iseng, kita suka melihat jaringan Wi-Fi yang nggak terkunci.

Sumber : Brilio

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.